SOLOPOS.COM - Jembatan di Dusun Jaranan yang putus sementara ditutup oleh warga, Rabu (25/1). (Harian Jogja/Arief Junianto)

Infrastruktur Bantul berupa jembatan Jaranan ditutup

Harianjogja.com, JOGJA–Luapan air Sungai Winongo yang terjadi Selasa (24/1/2017) sore lalu tak hanya berdampak pada terjadinya genangan air dan tumpukan sampah saja serta kerusakan tebing sungai.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Jembatan penghubung Dusun Kaliputih Desa Pendowoharjo dan Dusun Jaranan Desa Panggungharjo Kecamatan Sewon terpaksa ditutup sementara oleh warga lantaran nyaris putus.

Dari pantauan Harianjogja.com di lokasi, kondisi jembatan yang melintangi Sungai Winongo itu memang terlihat memprihatinkan. Tiang penyangga di salah satu sisi jembatan setinggi 9 meter itu itu tampak ambrol.

“Akibatnya, badan jembatan pun melengkung,” kata Wadiyono, warga Gesikan, Dusun Jaranan, RT 05 Desa Panggungharjo saat ditemui di lokasi, Rabu (25/1/2017) siang.

Dijelaskannya, jebolnya dinding tiang penyangga jembatan itu terjadi, Selasa (24/1/2017) lalu sekitar pukul 17.00. Ketika itu, debit air Sungai Winongo terbilang cukup tinggi.

Ia menduga, derasnya arus sungai menyebabkan terjadinya abrasi pada tebing sungai yang sebelumnya memang telah keropos. “Mas lihat sendiri kan. Bekas abrasi itu terjadi di sepanjang dinding sungai,” imbuh Wadiyono.

Dengan ditutupnya jembatan tersebut, praktis akses warga menjadi terganggu. Terlebih sektor perekonomian. Pasalnya, jembatan itu sendiri merupakan akses terdekat warga dari dan menuju ke Pasar Niten.

Terpisah, Kepala Desa Panggungharjo Wahyudi Anggoro Hadi membenarkan, warga yang paling dirugikan dengan rusaknya jembatan itu adalah warga dari Dusun Kaliputih dan sekitarnya. Itulah sebabnya, ia pun berharap kepada pihak terkait untuk segera merespon laporan yang telah ia layangkan sejak Rabu (25/1/2017) pagi.

“Saya sudah melaporkan kejadian ini kepada pihak BBWSSO [Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak] dan Pemkab Bantul,” akunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya