SOLOPOS.COM - Suasana di depan pintu masuk objek wisata hutan pinus Mangunan, Dlingo, Bantul, Jumat (3/11/2017). (Santi Afdilah/JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, BANTUL — Wisatawan diprediksi akan memadati kawasan wisata di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada saat libur Natal dan Tahun Baru 2023. Untuk itu, Dinas Perhubungan Bantul telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk menyambut wisatawan selama momen tersebut.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Bantul, Sri Harsono, mengatakan bagi wisatawan yang akan berlibur di kawasan wisata Puncak Becici dan Pinus Pengger di Dlinggo biasanya akan diarahkan melalui jalur Cinomati jika mencari jalur melalui Google Maps.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Namun, dia justru tidak merekomendasikan wisatawan untuk melintasi jalur tersebut karena banyak tanjakan curam dan kondisi jalan juga sempit sehingga sangat membahayakan.

“Nanti kita akan pasang papan pengumuman sebelum masuk jalur Cinomati supaya wisatawan tidak lewat situ,” katanya, saat dihubungi Minggu (11/12/2022).

Ia menyarankan agar wisatawan atau warga yang hendak ke Dlingo dan Gunungkidul untuk melintasi Jalan Imogiri-Mangunan yang jalannya luas dan aman untuk dilewati.

Baca Juga: Sedang Meronda, Warga Bekuk Pencuri Kambing di Kulonprogo

Selain itu, Harsono juga mengimbau kendaraan berat seperti bus dan truk tidak melintasi Jalan Jogja-Wonosari khususnya di perbatasan Piyungan Bantul dan Patuk Gunungkidul karena rawan longsor.

“Jalur patuk menuju wonosari hanya untuk kendaraan pribadi dan sepeda motor. Kalau untuk bus dan truk diarahkan ke jalan Piyungan-Prambanan ke Bayat menuju Klaten,” katanya.

Lebih lanjut, Harsono mengatakan rekayasa lalu lintas selama libur Nataru juga dilakukan di Jalan Parangtritis untuk menghindari antrean kendaraan di depan Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Induk Parangtritis.

Menurutnya, jika sudah terjadi antrean kendaraan di depan TPR Induk Parangtritis, maka kendaraan menuju Parangtritis atau dari arah utara ke selatan akan dialihkan menuju sempalan Pundong yang ujungnya juga sampai di selatan jembatan Kretek I.

Baca Juga: Dideklarasikan Awal Tahun, Ini Nama-Nama Calon Presiden yang Bakal Diusung PPP

Khusus untuk malam tahun baru, kata dia, Jalan Parangtritis juga diberlakukan satu arah ke selatan atau ke arah pantai.

Sementara untuk jalur pulang, kendaraan akan diarahkan melalui Pantai Depok dan melintasi jembatan Kretek II sampai Jalan Samas kemudian ke arah Jogja.

Pihaknya mengaku pada Senin ini akan mengajukan surat permohonan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar Jembatan Kretek II dibuka sementara selama libur Nataru.

“Rencana kita akan buat surat permohonan untuk membuka jembatan Kretek II yang sudah jadi dan belum diresmikan agar sementara bisa dioperasionalkan selama libur Nataru dari Tanggal 23 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023,” ujarnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Libur Nataru, Wisatawan Dilarang Melintas Jalur Cinomati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya