SOLOPOS.COM - Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, JOGJA — Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki julukan yang cukup beragam, salah satunya adalah Kota Pelajar. Sebutan Kota Pelajar di Yogyakarta ini disebabkan oleh sejarah pada masa lampau yakni sejak pendidikan diselenggarakan di keraton dan julukan tersebut menjadi turun menurun hingga kini.

Selain itu, di Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri juga menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak institusi pendidikan terutama di jenjang perguruan tinggi.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Data dari buku Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Angka 2023 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah perguruan tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2022 ada sebanyak 126, terdiri dari 109 perguruan tinggi di bawah naungan Kemendikbudristek dan 17 perguruan tinggi di bawah naungan Kementerian Agama.

Berikut ini daerah di DIY yang memiliki perguruan tinggai paling banyak menurut data BPS:

  1. Kota Jogja

Kota Jogja menjadi daerah yang paling banyak terdapat perguruan tinggi. Pada tahun 2022, di Kota Jogja ada sebanyak 51 perguruan tinggi. Terdiri dari 46 perguruan tinggi di bawah naungan Kemendikbudristek dan 5 perguruan tinggi di bawah naungan Kemenag.

Di Kota Jogja terdapat banyak pilihan perguruan tinggi yang cukup populer seperti Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Nahdatul Ulama Yogyakarta, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, dan Universitas Kristen Duta Wacana. Sebagai daerah pusat pemerintahan, Kota Jogja memiliki fasilitas publik yang memadai dan sarana transportasi yang lengkap sehingga cocok menjadi daerah pendidikan.

  1. Kabupaten Sleman

Kabupaten Sleman menjadi daerah kedua dengan jumlah perguruan tinggi terbanyak kedua di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada tahun 2022, Kabupaten Sleman memiliki 41 perguruan tinggi. Terdiri dari 37 perguruan tinggi di bawah naungan Kemendikbudristek dan 4 perguruan tinggi di bawah naungan Kemenag.

Kabupaten Sleman memiliki deretan perguruan tinggi ternama yang favorit dan telah mencetak banyak prestasi seperti Universitas Gadjah Mada yang menjadi perguruan tinggi terfavorit, terbaik, dan bergengsi di Indonesia. Kemudian ada Universitas Negeri Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga, dan masih banyak lagi. Kabupaten Sleman juga menjadi daerah yang memiliki jumlah mahasiswa terbanyak di DI Yogyakarta yaitu sebanyak 270.110 orang jika dilihat dari data BPS.

  1. Kabupaten Bantul

Sedangkan daerah ketiga yang memiliki jumlah perguruan tinggi terbanyak di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Kabupaten Bantul. Menurut data tahun 2022, Kabupaten Bantul memiliki sebanyak 31 perguruan tinggi. Terdiri dari 24 perguruan tinggi di bawah naungan Kemendikbudristek dan 7 perguruan tinggi di bawah naungan Kemenag.

Deretan perguruan tinggi yang berada di Kabupaten Bantul di antaranya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Universitas Alma Ata Yogyakarta, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Universitas PGRI Yogyakarta, dan masih banyak lagi.

  1. Kabupaten Gunungkidul

Jumlah perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Gunungkidul dalam catatan BPS ada sebanyak 2 perguruan tinggi. Terdiri dari 1 perguruan tinggi di bawah naungan Kemendikbudristke dan 1 perguruan tinggi di bawah naungan Kemenag. Perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Gunung Kidul dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Yogyakarta.

  1. Kabupaten Kulonprogo

Kabupaten Kulonprogo menjadi daerah yang paling sedikit memiliki jumlah perguruan tinggi. Dari data BPS ada sebanyak 1 perguruan tinggi yang terletak di Kabupaten Gunungkidul dan berada dalam naungan Kemendikbudristek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya