SOLOPOS.COM - Pekerja proyek jalan tol Jogja-Bawen melintas kawasan proyek di kalurahan Margodadi, Sleman, Kamis (24/8/2023). - Harian Jogja/Jumali

Solopos.com, JOGJA — Pembangunan tol Jogja-Bawen seksi 1 ruas Jogja-Banyurejo, Tempel, saat ini terus mengalami perkembangan positif. Ditargetkan tol Jogja-Bawen ini akan beroperasi pada 2024 mendatang.

Ruas yang akan tersambung dengan tol Jogja-Solo ini akan menggabungkan koneksi antara Jogja dengan Jawa Tengah. Kontruksi tol Jogja-Bawen ini dibangun melayang berakhir di STA 70+221 arau akhir elevated 4 dengan tahap berada di atas Selokan Mataram.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Tol Jogja Bawen dilengkapi 25 box culvert yang rencananya akan dipasang di sepanjang seksi 1 ruas Jogja-Banyurejo tol Jogja-Bawen. Box culvert memiliki fungsi untuk kedap terhadap air tanah sehingga sangat cocok untuk digunakan pada konstruksi bawah tanah terutama pada untuk saluran air.

Tol Jogja-Bawen ini dikelola oleh PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) yang merupakan kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dikutip dari Instagram @jasamargajogjabawen.official, perusahaan ini terakhir menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Selasa (29/8/2023).

PT JJB sendiri merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang dibentuk oleh konsorsium BUMN pemenang lelang pembangunan jalan tol Jogja-Bawen.

Jalan tol Jogja-Bawen ini dimiliki sejumlah perusahaan yang merupakan pemegang saham PT JJB. Para pemegang saham itu terdiri dari Jasa Marga selalu pemegang saham mayoritas sebesar 63,15 persen, Adhi Karya sebesar 13,16 persen, Waskita Karya sebesar 7,91 persen, PTPP sebesar 13,16 persen, dan Brantas Abipraya sebesar 2,63 persen.

Tol Jogja Bawen termasuk dalam Proyek Strategis Nasional untuk mendukung program pemerintah dalam pengembangan infrastruktur. Jika sudah beroperasi penuh, perjalanan dari Semarang menuju Jogja atau sebaliknya akan menjadi lebih cepat, dari sebelumnya memakan waktu tiga jam menjadi hanya 1,5 jam.

Pembangunan jalan tol Jogja-Bawen ini diharapkan dapat melancarkan distribusi barang dan jasa, pengembangan industri dan pariwisata serta meningkatkan konektivitas khususnya di sisi selatan Pulau Jawa. Tol ini ditarget aka beroperasi di 2024 mendatang. Saat ini pembangunanya berlangsung di sepanjang Selokan Mataram.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Tol Jogja Bawen Bakal Beroperasi 2024, Ini Daftar Pemegang Sahamnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya