SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobil dalam hujan. (Istimewa)

Cuaca ekstrem masih potensial terjadi.

Harianjogja.com, JOGJA— Cuaca cerah menjurus panas yang terjadi dua hari ini terakhir di DIY dinilai normal. Namun, hujan tetap akan mengguyur selama Desember.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Kepala kelompok Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Jogja Djoko Budiyono mengatakan, kondisi cerah adalah hal yang lumrah terjadi ketika sebelumnya terjadi cuaca yang ekstrem.

Baca juga : Badai Cempaka Berlalu, Hujan dan Angin Kencang Masih Mengancam DIY

Jika kondisi demikian berlangsung selama lebih dari sepekan baru bisa dikatakan sebagai anomali cuaca.
BMKG DIY sendiri memprediksi pada Senin (4/12/2017) hingga Selasa (5/12/2107), kondisi DIY akan cerah berawan. “Hujan ringan masih berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah, utamanya di sore dan malam hari,” ucapnya, Senin (4/12/2017).

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada, meskipun beberapa hari terakhir cerah. Sebab, kondisi pada Desember umumnya dalam kategori menengah hingga tinggi dengan jumlah curah hujan bulanan rata-rata berkisar 300-500 mm/bulan. “Masyarakat sebaiknya tetap waspada karena hujan, angin kencang dan petir masih berpotensi terjadi,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya