SOLOPOS.COM - Raden Mas Gustilantika Marrel Suryokusumo, cucu Sri Sultan HB X, yang baru-baru ini viral. (Dok. Harianjogja.com/Desi Suryanto)

Solopos.com, JOGJA — Cucu Raja Keraton Jogja, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, Gustilantika Marrel Suryokusumo, mendadak menjadi perhatian publik setelah video tengah makan di sebuah angkringan beredar di media sosial, Instagram. Lantas, seperti apakah sosok cucu Sultan Jogja yang karib disapa Marrel tersebut.

Video cucu Sultan Jogja yang tengah makan di angkringan itu kali pertama dibagikan akun @danangpurwoko.id di Instagram. “Jarang terekspos, Cucu SULTAN terciduk sarapan di angkringan.. haaaa.. koyokke siap2 meh ngegas ni mas @marrel.sk ??,” tulis akun @danangpurwoko.id dalam unggahannya.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Dalam video berdurasi 1 menit 27 detik itu, Marrel terlihat makan dengan santai, sambil lesehan beralaskan tikar di trotoar. Ia juga tampak santun melayani pertanyaan sejumlah warga yang merasa kaget dengan kehadirannya.

Baca juga: Viral! Cucu Sultan Jogja Makan di Angkringan, Lesehan di Trotoar

Marrel merupakan cucu Sri Sultan HB X dari putri keduanya, GKR Condrokirono dengan Eri Triawan, yang juga seorang pembalap. Seperti ayahnya, pemuda berusia 26 tahun ini juga memiliki hobi balap.

Harianjogja.com, jaringan Solopos Media Group, pernah berkesempatan mewawancari sosok cucu Sultan Jogja tersebut pada April 2021 lalu. Kala itu, Marrel mengaku masih menjalani karier di dunia balap dan tergabung dengan Beagle Jogja Rally Team.

Karier Balap

Dunia otomotif digeluti Marrel sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD). Ia pernah berkarier di ajang mini bike trail dan Gokart. Saat masuk SMP dan SMA, ia sempat vakum di dunia otomotif. Ketika akan lulus SMA, Marrel kembali ke dunia otomotif. Ia juga bergabung dengan komunitas Double Cabin Indonesia dan sering mengikuti ajang offroad.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di SMA DeBritto, Marrel melanjutkan pendidikan di Inggris. Gelar S1 dia dapat dari University of West of England dan titel S2 dia terima dari King’s College University pada 2020. Keduanya di jurusan Hubungan Internasional. Di sela kesibukannya menjalani kuliah, Marrel tetap menekuni hobinya di dunia otomotif.

Hobi di dunia balap juga didukung lingkungan tempat ia kuliah. Di Inggris, hampir seluruh universitas memiliki tim balap. Ia mencoba ikut seleksi kejuaraan nasional gokart khusus mahasiswa. Marrel pun menjadi satu-satunya orang Asia yang lolos seleksi. Dia masuk Tim A.

Baca juga: Viral Putri Sultan Jogja Naik Becak, Netizen: Ini The Real Princess

British Universities Karting Championship (BUKC) atau Kejuaraan Nasional Gokar Khusus Mahasiswa menjadi tempat Marrel mengasah kemampuan. Kurang lebih lima tahun selama di Inggris, ia terus membalap. Sesekali bahkan ia menyempatkan terbang kembali ke Indonesia untuk mengikuti kejuaraan speed offroad.

Hobi itu butuh energi banyak, juga uang yang tidak sedikit. Meski jadi cucu Sultan, tidak lantas Marrel berpangku tangan menjalani hobinya itu. Ia rela berhemat, dan mandiri bekerja demi memenuhi Hasrat menyalurkan hobinya.

“Pernah kerja pegang papan arah untuk mahasiswa baru. Saya berdiri enam jam. Angkut-angkut kursi juga kalau ada simposium, atau apa yang lain, kan butuh tenaga. Lumayan itu [honornya],” ucap Marrel.

Marrel mengaku sempat mendapat penolakan dari keluarga besarnya saat ingin kembali menekuni dunia balap di Indonesia. Namun, dengan ketekunan dan prestasi yang ditorehkan, ia pun sanggup meyakinkan ibu maupun kakek dan neneknya.

“Sekali pulang dapat podium, dari lampu merah ke kuning. Itu masih lampu kuning ya, terus pulang kedua dapat podium lagi, lampu kuning, jadi ada hijaunya. Terus menang lagi, [dapat] full lampu hijau,” ujar Marrel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya