SOLOPOS.COM - Petugas Sat Pol PP saat melakukan pemeriksaan terhadap dugaan penyewaan area lorong Malioboro kepada PKL liar belum lama ini. (Istimewa)

Solopos.com, JOGJA — Selepas PKL Malioboro direlokasi, ditengarai ada laku culas yang dilakukan pemilik toko di kawasan Malioboro, Jogja. Diduga ada pemilik toko yang menjual teras depan toko mereka kepada PKL lain. Nilainya pun fantastasi, Rp24 juta per enam bulan.

Terkait hal tersebut, Gubernur Daerah Istimewah Yogayakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, belum mau berkomentar panjang lebar. Ia ingin memastikan lebih dulu kebenaran kabar tersebut.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

“Saya belum tahu persis [kasus jual beli teras toko di Malioboro], nanti akan kita lihat [kasusnya],” kata Sri Sultan HB X di Kompleks Kepatihan, Selasa (8/2/2022).

Baca Juga: Terungkap! Halaman Toko Malioboro Disewakan, Tarif Rp24 Juta per Meter

Sebagaimana diketahui Satpol PP mengungkap adanya salah satu toko yang menyewakan teras dengan lebar satu meter senilai Rp24 juta untuk dua PKL liar dengan durasi jualan selama enam bulan. Tindakan itu terjadi setelah PKL di sepanjang Jl. Malioboro dipindah ke Teras Malioboro.

Adapun para PKL per Selasa (8/2/2022) ini telah pindah ke Teras Malioboro. Satpol PP akan melakukan penindakan jika masih ditemukan barang seperti gerobak PKL yang terparkir di sepanjang Jalur Pedestrian Malioboro.

Sultan HB X menyatakan setelah para PKL dipindah ke Teras Malioboro, Jalur Pedestrian akan ditata lebih rapi. Sultan mengakui saat ini ada sejumlah kerusakan di beberapa lokasi di Malioboro yang butuh segera diperbaiki.

Baca Juga: Pemilik Toko Nekat Sewakan Lorong di Malioboro? Sanksi Ini Menanti

“Kita bersihkan Malioboro dulu, mungkin perlu direnovasi karena ada tegel dan sebagainya kan rusak, perlu diganti enggak, mungkin kita ganti dulu, kita bersihkan. Nanti kita atur, saya sama Pak Wali [dalam waktu dekat ini] mau melihat di lapangan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya