SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ada beberapa alternatif tempat parkir yang bisa dimanfaatkan

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Perhubungan Kota Jogja memastikan sepanjang Jalan Malioboro akan ditutup total untuk kendaraan bermotor sejak sore hari pada malam pergantian tahun, Minggu (31/12/2017) malam nanti. Pemerintah telah menyediakan tempat parkir alternatif di sekitar Malioboro.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Kepala Dinas Perhubungan Kota Jogja Wirawan Hario Yudo menyebutkan, beberapa tempat parkir sekitar Malioboro yang bisa digunakan di antaranya adalah Tempat Khusus Parkir (TKP) Abu Bakar Ali ABA, TKP Stasiun Tugu, dan beberapa titik di sepanjang Jalan Margo Utomo.

Selain itu, ada TKP Malioboro satu di barat Pasar Bringharjo, eks bioskop Indra, eks kampus UPN, TKP Ngabean, TKP Senopati. “Ada juga di beberapa sirip Malioboro seperti di Jalan Perwakilan, Jalan Pajegsan,” kata dia saat dihubungi Jumat (29/12/2017).

Wirawan tidak memungkiri saat liburan terutama malam pergantian tahun akan banyak persil pribadi yang memanfaatkan lahannya untuk parkir. Pihaknya tidak mempersoalkan selama tarif parkir disesuaikan dengan Perda.

Untuk persil pribadi atau tempat-tempat swasta lainnya yang akan digunakan untuk parkir, Wirawan meminta untuk meminta izin kepada kecamatan setempat. Pasalnya, itu masuk lokasi parkir insidentil yang kewenangan izinnya ada di camat. “kewenangan kami hanya pada parkir TKp dan tepi jalan umum,” kata dia.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Jogja Kompol Dwi Prasetyo Nugroho mengatakan, penutupan Jalan Malioboro dilakukan mulai pukul 15.00 WIB mulai dari Jalan Mataram. Kendaraan dari arah tersebut dialihkan ke Kleringan. Kemudian dari Simpang Tiga Jalan Pasar Kembang, semua kendaraan dari Jalan Bhayangkara dialihkan ke Jlagran.

Pada Simpang Jlagran, kendaraan yang akan menuju Jalan Pasar Kembang dialihkan. Lalu, di Simpang Gondomanan, semua kendaraan tidak bisa melintas Jalan Senopati. Kendaraan dari arah Jalan Ahmad Dahlan menuju Titik Nol Kilometer dialihkan ke Jalan Bhayangkara.

“Semua kendaraan yang sudah parkir di sepanjang Jalan Malioboro sudah tidak bisa bergerak mulai pukul 17.00 WIB,” kata Dwi Prasetyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya