SOLOPOS.COM - Ilustrasi mayat. (Solopos/Dok)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Seorang pekerja proyek pembangunan gedung DPRD Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengalami kecelakaan kerja. Pria bernama Supriyanto itu pun meninggal dunia karena terjatuh saat bekerja.

Warga Kalurahan Hargosari, Tanjungsari, itu sempat dirawat di rumah sakit. Namun, pekerja proyek itu dinuyatakan meninggal pada Selasa (16/5/2023) sekitar pukul 04.00 WIB.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Nanang Irawanto, membenarkan adanya insiden kecelakaan kerja dalam pembanguann gedung DPRD. Peristiwa kecelakaan yang menimpa Supriyanto terjadi pada Senin (15/5/2023) sekitar pukul 09.45 WIB.

“Korban terjatuh pada saat akan naik dari lantau dua ke tiga,” kata Nanang.

Menurut dia, peristiwa ini bukan murni karena kecelakaan. Hal itu berdasarkan keterangan dari rekan-rekan korban. Sebelum terjatuh, sambung Nanang, Supriyanto sempat berbincang-bincang dengan rekan sesama pekerja bangunan.

“Kondisinya sudah pucat dan mengaku pusing. Oleh temannya, korban diminta libur terlebih dahulu, tapi tidak dihiraukan dan nekat tetap bekerja,” katanya.

Setelah terjatuh, rekan-rekan sesama pekerja membawa korban ke rumah sakit, tapi nyawanya tidak tertolong karena luka serius di bagian kepala.

“Korban dinyatakan meninggal tadi pagi sekitar pukul 04.00 WIB,” katanya.

Nanang berharap peristiwa ini menjadi pembelajaran bersama sehingga kejadian yang sama tidak terulang dalam pembangunan gedung DPRD. Rencananya, kata dia, ada evaluasi terhadap sistem keselamatan kerja yang jadi acuan dalam proses pembangunan.

“Akan lebih disempurnakan lagi agar kejadian ini tidak terulang. Untuk hak, tentunya vendor bertanggungjawab dan informasinya sudah mengurus BPJS Ketenagakerjaan,” katanya.

Ketua DPRD Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih mengatakan, turut berduka cita atas meninggalnya seorang pekerja di pembangunan gedung DPRD. Diharapkan peristiwa ini menjadi evaluasi bersama, khususnya menyangkut keselamatan dalam bekerja.

“Saya pribadi sudah datang ke rumah duka. Saya berharap keselamatan dalam pekerjaan harus benar-benar diperhatikan,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Terjatuh, Seorang Pekerja Pembangunan Gedung DPRD Gunungkidul Meninggal Dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya