SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA — Pencipta mobil listrik merek Tucuxi Danet Suryatama membantah klarifikasi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan terkait insiden mobil listrik itu tempo hari. Danet menyebut, pihaknya sengaja disingkirkan oleh Dahlan Iskan dan timnya.

Sebelumnya Dahlan Iskan di berbagai media berdalih, kecelakaan mobil Tucuxi yang ia kendarai Sabtu (5/1/2013) lalu di Plaosan, Magetan, Jawa Timur, akibat mobil tak memiliki gear box yang membantu menahan laju kendaraan selain rem. Sehingga rem hanya bekerja sendiri. Rem mobil Tucuxi kala itu blong hingga Dahlan memilih menabrakan mobil ke tebing untuk menghindari banyak korban.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Melalui siaran rilis yang diterima Sabtu (12/1/2013) malam, Danet membeberkan mekanisme kerja Tucuxi. Danet menjelaskan, tidak benar pengereman Tucuxi hanya dapat dilakukan dengan menggunakan rem atau tanpa bantuan mesin seperti dinyatakan Dahlan. Mobil ini dilengkapi dengan motor controller yang mampu melakukan pengereman mesin atau menghasilkan regenerative braking (pengereman regenerative).

“Ada beberapa cara melakukan pengereman regenerative yaitu mengangkat kaki dari pedal gas untuk memperlambat kendaraan atau ganti driving selection. Dengan pengereman regenerative, mesin atau motor akan memperlambat kecepatan putarnya untuk berfungsi sebagai generator mengisi ulang baterai,” terang Danet.

Tucuxi lanjutnya memang didesain tanpa gear box (multi gear transmission system). Namun Tucuxi didesain menggunakan single speed reduction gear (satu gigi penurun kecepatan) sebagai transmisinya. Transmisi satu gigi ini digunakan karena motor listrik mempunyai range yang lebar untuk putaran motornya (wide range rpm). Penggunaan single speed reduction gear pada kendaraan listrik banyak terdapat di berbagai kendaraan listrik dunia seperti Tesla Roadster, Ariel Atom Wrightspeed X1, Ford Focus Electric, Mitsubishi I-MiEV, Nissan Leaf EV dan masih banyak lagi.
Sedianya, pembeli mobil listrik menjalani training yang cukup untuk mengoperasikan mobil ini di berbagai medan jalan. “Meski Tucuxi sudah dilengkapi dengan high performance brake modules di depan dan belakang yang kompeten dari Wildwood Engineering Inc USA, melakukan pengereman dengan hanya rem kaki apalagi dengan menginjak rem secara keras dan terus menerus ketika menuruni pegunungan adalah tindakan fatal,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya