SOLOPOS.COM - Istijab M Danunagoro (Foto Istimewa)

Istijab M Danunagoro (JIBI/Harian Jogja/dok)

JOGJA—Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jogja mengarahkan pembangunan hotel ke daerah selatan DIY.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Ketua PHRI DIY Istidjab M Danunagoro dalam kunjunganya ke Kantor Harian Jogja pada perayaan HUT ke-4 Harjo, Senin (21/5) mengatakan, pembangunan hotel di DIY selama ini tak merata hanya bertumpuk di perkotaan dan wilayah utara lainnya seperti Sleman. Sementara di daerah selatan seperti Bantul atau Kulonprogo sangat minim hotel terutama yang berbintang.

Ia mencontohkan di Bantul, hotel berbintang yang ada hanya satu yakni Hotel Ros Inn. Padahal banyak potensi wisata di daerah ini mulai wisata alam hingga produk kerajinan. Dengan pembangunan yang merata diharapkan terjadi efek turunan bagi perekonomian masyarakat setempat.

“Ke depan memang akan diarahan ke wilayah selatan,” kata Istidjab.

Menurutnya, PHRI dapat dimintai pertimbanganya oleh pemerintah bila ada investor yang hendak membangun hotel di Jogja.

Terpisah, Kepala Gerai Investasi DIY, Suyoto mengatakan, pemerintah berwenang mengarahkan investor untuk membangun hotel di wilayah selatan. Hal itu sesuai dengan rencana induk insvestasi di DIY mengenai pemerataan pembangunan. Namun semuanya tergantung pada keputusan pemerintah daerah. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya