SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN—Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Depok baru saja terbentuk. Selain kegiatan dakwah, mereka juga berencana membuat koperasi Baitul Maal wat Tamwil (BMT) dan sekolah.

Ketua IPHI Depok Hisjam Ihsan mengatakan, jumlah haji di Kecamatan Depok saat ini sudah mencapai ribuan. Belum lagi, setiap tahunnya bertambah karena selalu ada yang berangkat menunaikan ibadah haji.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Untuk itu, kami ingin nantinya setelah menunaikan ibadah haji tidak lantas jatuh miskin. Perlu adanya wadah yang bisa menampung mereka secara ekonomis, selain tentunya tetap di jalur islami, salah satunya mendirikan koperasi BMT,” kata Ihsan seusai pelantikan IPHI Desa Caturtunggal, Depok Sleman 2012 – 2017 di Pendopo Balai Desa Caturtunggal, Kamis (7/6).

Sementara untuk urusan dakwah, lanjut Ihsan, bisa saja IPHI ini mendirikan sekolah yang bernuansa islami. Dengan demikian, kehidupan haji yang menjadi anggota IPHI bisa bermanfaat lagi.

“Untuk itu kami berharap IPHI mendata haji yan tinggal di daerah mereka. Bukan hanya sampai tingkat desa saja, tapi harusnya sampai tingkat dukuh dan RT,” tambah Ihsan.

Ketua IPHI Caturtunggal Sayuti menuturkan, selama ini masing-masing dukuh di Desa Caturtunggal setiap tahunnya memberangkatkan 70 orang untuk menunaikan ibadah haji. Dan hingga kini sudah ada 600 haji yang terdata di tingkat dukuh.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya