SOLOPOS.COM - Ilustrasi rest area KM 379 A Tol Batang-Semarang. (Solopos/Andhika Wahyu Purnama)

Solopos.com, JOGJA — Jalan tol Jogja-Bawen bakal dilengkapi dengan rest area yang tidak hanya bisa diakses pengguna tol, tetapi juga pengendara di jalan umum atau non-tol. Keberadaan rest area dengan konsep ini merupakan usulan dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan HB X.

Pengelola Tol Jogja-Bawen PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) akan menambah satu rest area tol Jogja-Bawen di wilayah DIY yang bisa diakses dari dalam dan luar tol. Konsep rest area ini berbeda dengan di jalan tol lain. Rencananya rest area yang bisa diakses untuk pengguna tol dan non-tol ini berada di Banyurejo, Tempel, Kabupaten Sleman.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Hal itu disampaikan Direktur Utama PT JJB, Dwi Winarsa, Rabu (4/1/2023). Atas rencana itu, Pemda DIY merespons positif.

Sebelumnya, rest area tidak memungkinkan dibangun di ruas tol Jogja-Bawen wilayah DIY yang panjangnya hanya 8,8 kilometer. Dwi Winarsa mengatakan rest area yang bisa diakses dari luar jalan tol membutuhkan kajian mendalam karena berbeda dengan konsep tol pada umumnya.

“Ini tindak lanjut arahan dari Ngarso Dalem Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Gubernur DIY mengharapkan rest area yang bisa diakses dari dari dalam dan luar tol,” kata Dwi Winarsa.

Saat ini, timnya masih mendiskusikan pembangunan rest area tersebut. Rest area yang bisa diakses dari luar tol diharapkan dapat meningkatkan peluang warga sekitar untuk mendapatkan manfaat ekonomi dari tol.

Sesuai kebijakan pemerintah, 70% rest area harus menyediakan peluang untuk pelaku ekonomi kecil menengah di wilayah sekitar tol.

“Tol Jogja-Bawen punya tiga rest area, dan ada satu rest area tambahan khusus di Jogja. Kemungkinan di sekitar Banyurejo [Tempal, Sleman]. Mudah-mudahan ini bisa direalisasikan, nanti tergantung kajian,” ujarnya.

Dwi mengharapkan tol dapat meningkatkan perekomonian di DIY.

“Baik melalui kunjungan pariwisata maupun pergerakan orang. Orang dari daerah lain masuk ke Jogja semakin cepat. Kunjungan wisatawan bertambah, tentu akan memberikan dampak ke idnustri, kuliner dan lainnya. Banyak hal bisa terdongkrak, potensi ekonomi,” ujarnya.

Pemda DIY menyambut positif dan senang dengan rencana tersebut.

“Kalau memang pengelola tol memiliki komitmen untuk membangun rest area yang bisa diakses dari luar dan dalam tol tentu kami menyambut baik. Ini sangat membahagiakan,” kata Kepala Bappeda DIY Beni Suharsono kepada Harian Jogja, Kamis (5/1/2023).

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Langka, Rest Area Tol Jogja Bawen di Tempel Bisa Diakses dari Luar Tol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya