SOLOPOS.COM - Pada hari Ibu ke-85 tahun, DPD Iwapi DIY mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi 200 buruh gendong, kuli angkut maupun warga pasar tradisional di SMA Berbudi, Sabtu (14/12/2013). (JIBI/Harian Jogja/Mediani Dyah Natalia)

Harianjogja.com, JOGJA-Memperingati hari ibu, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Ikatan Pengusaha Wanita Indonesia (Iwapi) DIY menggelar bakti sosial (baksos) bagi 200 buruh gendong di pasar tradisional.

Dalam setahun, kata Wakil Ketua Bidang Pariwisata DPD Iwapi DIY, Niluh Kasiani Sandi, ada dua agenda yang selalu diperingati Iwapi, yakni hari Kartini dan hari Ibu. Dari kedua agenda tahunan tersebut, umumnya kegiatan difokuskan untuk memotivasi sekaligus mempererat antar anggota.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Baru pada 2013 ini, Iwapi mengadakan kegiatan eksternal. Menurut dia acara seperti ini perlu digelar sebagai wujud kepedulian terhadap sesama.

“Khusus Sabtu (14/12/2013), kami mengadakan pengobatan gratis dan pembagian sembako bagi buruh gendong, kuli angkutan, penyapu jalanan maupun masyarakat membutuhkan di sekitar pasar tradisional,” jelas perempuan yang juga menjadi Ketua Panitia Hari Ibu kepada harianjogja.com saat ditemui di sela-sela acara Dengan Bakti DPD Iwapi DIY Bagi Masyarakat Jogja Dalam Rangka Hari Ibu Ke-85 tahun di SMA Berbudi, Giwangan, Sabtu (14/12/2013).

Semula, imbuhnya, kegiatan yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB ini direncanakan untuk membantu 180 orang di Pasar Giwangan dan Pasar Kranggan. Namun jumlah tersebut membengkak menjadi 200 orang.

Lebih lanjut Niluh menuturkan karena acara Hari Ibu tahun ini difokuskan untuk baksos, begitu menyelesaikan pengobatan gratis serta pembagian sembako selesai digelar, kegiatan dilanjutkan dengan aksi donor darah. Berlokasi di Hotel Bifa, melalui aksi ini diharapkan sekitar 50-100 kantong darah dari anggota dan keluarga, Polsek maupun masyarakat setempat dapat tercapai.

“Puncak acara diadakan di Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul untuk penanaman 3.000 pohon. Kegiatan ini juga untuk menyukseskan program penanaman 1 miliar pohon,” papar dia.

Selain penanaman pohon, anggota DPD Iwapi DIY juga mengadakan pelatihan memasak bagi masyarakat sekitar. Memanfaatkan potensi alam yang ada seperti ketela, pisang maupun tanaman lain, diharapkan materi tersebut dapat memberdayakan kaum perempuan maupun tingkat ekonomi masyarakat setempat.

Dalam dua hari pelaksanaan kegiatan, pengusaha perempuan ini menyampaikan DPD Iwapi DIY turut dibantu SMA Berbudi, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), PMI Kota Jogja, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Dinas Kehutanan, Dinas Pariwisata dan instansi lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya