SOLOPOS.COM - KRL Solo-Jogja yang beroperasi setiap hari. Kemenhub memberikan sinyal tarif KRL akan naik tahun depan. (Ilustras/Solopos Dok)

Solopos.com, JOGJA — Selama masa angkutan Lebaran 2023, PT KAI Daop 6 Daerah Istimewa Yogyakarta akan menambah jadwal KRL Jogja-Solo. Kalau biasanya jadwal KRL hanya 20 perjalanan dan 24 perjalaan saat weekend, pada masa angkutan Lebaran akan ditambah menjadi 30 perjalanan.

Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo, mengatakan 30 perjalanan tersebut terdiri dari 15 kali berangkat ke Solo dan sebagian ke Palur. Kemudian 15 kali perjalanan lainnya kembali ke Jogja.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

“Selama angkutan Lebaran ini akan ditambah untuk mengakomodir penumpang Jogja. Tidak semua Solo, ada yang lebih jauh ke Palur. Dari sini Solo Balapan, Solo Jebres, baru Palur,” ucapnya, Selasa (11/4/2023).

Sedangkan untuk kereta lokal lain, Prambanan Ekspres (Prameks) relai Jogja-Kutoarjo tidak ada penambahan perjalanan. Yakni hanya ada delapan kali perjalanan sehari, empat kali perjalanan ke Jogja dan empat kali perjalanan ke Kutoarjo.

“Gak ada penambahan tetap delapan [perjalanan],” kata dia.

Sebagai informasi masa angkutan Lebaran akan dimulai pada 12 April – 3 Mei 2023. Terbagi menjadi arus mudik 12 April – 21 April 2023, periode Lebaran 22 April – 23 April 2023, dan arus balik 24 April – 3 Mei 2023.

Sementara untuk posko lebaran akan dimulai pada 14 April – 2 Mei 2023, meski KA Lebaran mulai 12 April – 3 Mei 2023. Keberangkatan KA dari stasiun yang ada di Daop 6 yakni 20 KA reguler, 8 KA tambahan, 2 KA angkutan motor gratis. Sementara KA dari berbagai kota di pulau Jawa yang melintasi Daop 6 ada 48 KA.

Sebelumnya dia memperkirakan jumlah penumpang KA pada momen libur Lebaran tahun ini meningkat sekitar 43 persen dari tahun lalu. Peningkatan yang dimaksud adalah keterisian dari KA.

Meski terjadi peningkatan jumlah penumpang, jumlah KA yang disediakan relatif sama. KA angkutan motor gratis akan melayani pemudik dari Stasiun Kiaracondong dan Jakarta, dengan tujuan Lempuyangan dan Purwosari.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Mudik Lebaran 2023, KRL Jogja Solo Ditambah Menjadi 30 Perjalanan Per Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya