SOLOPOS.COM - Ilustrasi menyortir sampah untuk didaur ulang. (freepik)

Solopos.com, JOGJA – Pemerintah Kota Jogja bekerjasama dengan Pemkab Bantul terkait penanganan sampah. Nantinya, sebanyak 60 ton sampah di Kota Jogja bakal diolah di Bantul.

“Bantul akan membangun ITF, Bantul Green Resilience City. Itu merupakan satu potensi bagi Kota Jogja untuk bisa bekerja sama dengan Bantul karena terbatas lahannya,” kata Penjabat Wali Kota Jogja, Singgih Raharjo, Selasa (21/5/2024).

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Dia mengatakan skema kerja sama dengan kabupaten lain mau tidak mau harus ditempuh. Sebab, ketiga tempat pengelolaan sampah reduce, reuse, dan recycle (TPS 3R) yang kini masih on progress nyatanya belum bisa menyerap 200-an ton sampah yang diproduksi setiap hari. Namun, di sisi lain baik TPS 3R Kranon maupun Karangmiri masih terus dikejar pengerjaannya.

Singgih menuturkan TPS 3R Kranon sudah mulai mengolah sampah sejak 15 Mei lalu. Kapasitas sampah yang diolah yakni 30-40 ton. Sementara, pembangunan TPS 3R Karangmiri masih belum selesai. Lokasi itu membutuhkan pembangunan yang lebih banyak, sehingga memakan waktu lebih lama. Lalu, TPS 3R Nitikan sudah beroperasi dengan peningkatan kapasitas mencapai 70 ton per hari. Targetnya, seluruh sampah di Kota Jogja akan benar-benar terolah secara mandiri mulai Juni mendatang.

“Sekarang ini sudah beroperasi 2 TPS 3R di Nitikan, Kranon dengan total 110 ton per hari. Itu adalah 50 persen lebih dari total sampah yang ada di Kota Jogja per hari, 200 ton,” imbuhnya.

Singgih menambahkan skema kerja sama dengan kabupaten tetangga merupakan pilihan yang paling pas. Kondisi Kota Jogja yang padat penduduk dikhawatirkan akan tercemar jika pengolahan sampah sepenuhnya dilakukan di dalam Kota Jogja.

Ketiga TPS 3R yang ada hanya untuk mengurangi tumpukan sampah di Kota Jogja. Selebihnya, sampah akan diolah di luar Kota Jogja dengan sistem kerja sama.

“Apakah nanti kita bisa kerja sama dengan Bantul lebih banyak lagi. Ataukah nanti daerah lain yang kemudian menawarkan kerja sama. Mungkin di tiga lokasi itu tidak akan kita maksimalkan, sehingga hanya untuk mengurangi. Ini yang kita lakukan,” jelasnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul 60 Ton Sampah Kota Jogja Akan Diolah di Bantul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya