SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, JOGJA-Anggaran dari Kementerian Pekerjaan Umum yang dijanjikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono senilai Rp125 miliar cair. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menarget pembangunan jalur evakuasi pada akhir Januari 2014.

“Sekarang baru proses lelang,” ujar Kepala BPBD Gatot Saptadi di Komplek Kepatihan Pemerintah DIY, Senin (16/12/2013).

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Gatot mengatakan, jalur evakuasi yang akan dibangun totalnya adalah sepanjang 35 kilometer. Rinciannya, jalan provinsi 15 kilometer dan jalan Kabupaten Sleman 15 kilometer. Sisanya, adalah jalan provinsi yang berbatasan dengan Klaten sepanjang 5 kilometer.

Jalur evakuasi provinsi setidaknya terdapat pada enam ruas, di antaranya Tempel-Prambanan-Sedokan-Korolon-Butuh. Di sekitar Pasar Butuh itulah jalur evakuasi berbatasan dengan jalur evakuasi milik Kabupaten Klaten.

Dana sebesar Rp125 miliar itu dicairkan untuk Pemda DIY Rp41 miliar, Sleman Rp37 miliar, dan Klaten Rp47 miliar. Menurut Gatot, masing- masing pemerintah daerah itu akan mengalokasikan dari dana itu untuk pembangunan jalur evakuasi tersebut. “Kalau ditotal pembangunan jalur evakuasi menelan Rp50 miliar,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya