SOLOPOS.COM - Salah satu sudut tanjakan di Jalan Cinomati yang menghubungkan Desa Wonolelo (Pleret) dan Desa Terong (Dlingo). Foto diambil Jumat (16/6/2017). (Arief Junianto/JIBI/Harian Jogja)

Menyambut lebaran yang akan disibukkan dengan lalu lintas pemudik dan wisatawan, warga Desa Terong Kecamatan Dlingo) Bantul bersiap

Harianjogja.com, BANTUL– Menyambut lebaran yang akan disibukkan dengan lalu lintas pemudik dan wisatawan, warga Desa Terong Kecamatan Dlingo) Bantul bersiap.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Tak hanya bersenjatakan peluit dan senter saja, mereka pun bersenjatakan balok kayu untuk berjaga. Bukan untuk mengantisipasi dari tindak kriminalitas, kayu itu ternyata mereka gunakan sebagai pengganjal roda.

“Ganjel ban [mengganjal roda]. Mungkin karena itu, mulai tahun ini, tim kami diberi nama Tim Ganjel Ban oleh Polda DIY dan Polres Bantul,” kelakar Babinkantibmas Desa Terong, Dlingo Bripka Gangsal Wirajati, Senin (19/6/2017).

Jelang liburan seperti ini, tim itulah nantinya yang akan menjadi penjaga kawasan Cinomati. Sejak dari bawah (Wonolelo) hingga atas (Terong), sekitar 50 orang dari berbagai unsur, mulai dari Polsek Pleret dan Polsek Dlingo hingga relawan Wonolelo dan Terong secara bergantian akan berjaga.

“Sudah ada tiga pos yang ia siapkan sepanjang jalur. Berbeda dengan di daerah lain, kami ini bekerja tanpa bayaran,” tegasnya.

Kondisi geografis yang curam dan berkelok-kelok ditambah dengan catatan kejadian yang mengerikan lah yang membuat Pemkab skan larangan bagi pemudik dan pengunjung tempat wisata, khususnya yang berasal dari luar Bantul, untuk tidak melintasi jalur ini.

Kebanyakan dari mereka, memang terpaksa memilih jalur itu. Berbekal aplikasi peta digital dari gawai, menuntun mereka hingga di sampai di jalur itu.

Tim Ganjel Ban itulah yang nantinya akan memfilter kendaraan apa saja yang bisa melintas salah satu jalur tengkorak di Bantul itu selama arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

“Hanya kendaraan berpenumpang maksimal tujuh orang saja yang boleh melintas naik. Selebihnya akan kami arahkan lewat jalur lain,” tegas Gangsal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya