SOLOPOS.COM - ilustrasi jamaah haji (JIBI/Harian Jogja/Antara)

ilustrasi jamaah haji (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, KULONPROGO – Jemaah haji yang akan berangkat ke Mekah wajib mewaspadai dua penyakit yang kerap menyerang yakni diabetes dan hipertensi.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo mengungkapkan, dua penyakit tersebut kerap menyerang jemaah haji secara mendadak.

Bagi penderita hipertensi ya jangan mudah tersinggung karena kondisi peka rasa bisa memicu naiknya aliran darah. Selain itu jangan mengkonsumsi kopi karena juga bisa memicu serangan hipertensi.

“Kalau minum teh boleh saja, tapi jangan berlebihan,” papar Hasto saat memberikan pengarahan dalam acara Manasik Haji di Masjid Agung Wates, Senin (2/9/2013).

Bagi penderita diabetes, Hasto hanya berpesan agar selalu rutin minum obat. Untuk penanganan penyakit ini, dia berharap tim dokter mempunyai alat ukur kadar gula darah sehingga bisa kondisi jemaah selalu terpantau.

“Penderita gula juga harus makan karbohidrat dan rutin minum obat, jangan malah puasa. Kalau ingin minum yang manis bisa pakai sakarin, karena aman untuk penderita gula. Banyak makan apel dan batasi buah yang lain,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya