SOLOPOS.COM - Salah seorang petani bawang di Beji, Wates memeriksa tanaman bawang miliknya, Jumat (24/8) (JIBI/Harian Jogja/MG Noviarizal Fernandez)

Salah seorang petani bawang di Beji, Wates memeriksa tanaman bawang miliknya, Jumat (24/8) (JIBI/Harian Jogja/MG Noviarizal Fernandez)

KULONPROGO—Serangan hama daun pada tanaman bawang meluas di wilayah Kecamatan Wates, Kulonprogo.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Ditemui di areal persawahan Dusun Beji, Kelurahan Wates, salah satu petani bawang, Haryanto, 32, warga Ringinardi, Karangsari, Pengasih mengungkapkan, serangan jamur daun pada tanaman bawangnya mulai menghebat sejak empat hari terakhir.

“Tanaman bawang milik saya sudah berusia 40 hari, tapi baru empat hari terakhir serangan jamur mulai datang,” ujarnya Jumat (24/8).

Menurutnya, serangan jamur daun tersebut bisa dilihat pada daun tanaman bawang yang menguning dan belang-belang. Haryanto menduga cuaca yang tidak menentu di mana mendung dan panas datang silih berganti, menjadi penyebab serangan jamur tersebut.

Hal yang sama disampaikan petani bawang lainnya, Triani, 32. Menurutnya, akibat serangan jamur tersebut, ia harus mengeluarkan biaya ekstra yakni membeli obat pembasmi yang nantinya disemprotkan ke tanaman bawang. Jika tidak segera ditangani, daun bawang bisa patah atau tanggal.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya