SOLOPOS.COM - Sumarsih (kanan), warga Dusun Menang, Desa Srihardono, Kecamatan Pundong, Bantul saat menceritakan pengalamannya, Selasa (6/9/2016). (Irwan A. Syambudi/JIBI/Harian Jogja)

Kunjungan Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga (PIS-PK) di Kabupaten Bantul mencapai 7362 KK

Harianjogja.com, BANTUL–Selama Januari 2018, kunjungan Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga (PIS-PK) di Kabupaten Bantul mencapai 7362 kepala keluarga (KK).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dengan rincian 162 KK di Kecamatan Sewon, 843 KK di Kecamatan Sanden, 809 KK di Kecamatan Kretek, 1119 KK di Kecamatan Kasihan, 52 KK di  Kecamatan Banguntapan, 3577 KK di Kecamatan Bambanglipuro, dan 800 KK di Kecamatan Pundong.

Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar dan Tradisional (Yankestrad) Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Dyah Pangesti Utami menuturkan program nasional ini penting dilakukan agar petugas kesehatan dapat mengenali masalah-masalah kesehatan yang dihadapi keluarga secara menyeluruh.

Pasalnya petugas kesehatan datang langsung ke pasien melalui kunjungan rumah. Dengan begitu diharapkan masalah gangguan kesehatan yang dialami masyarakat akan lebih cepat tertangani.

Apalagi, Dyah menjelaskan dari hasil kunjungan rumah tersebut, petugas akan mengintegrasikan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) secara berkesinambungan.

“Pengintegrasian itu berdasarkan data dan informasi dari profil kesehatan keluarga yang didapatkan saat melakukan PIS-PK,” katanya, Sabtu (27/1/2018).

Dyah menambahkan sudah ada delapan Puskesmas di Bantul yang melaksanakan PIS-PK. Yaitu Puskesmas Bambanglipuro, Kasihan, Kretek, Sewon I,  Sanden, Sedayu I, Banguntapan III, dan Pundong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya