SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

BANTUL—Menjelang akhir musim ikan, sejumlah nelayan di Pantai Samas mulai jarang melaut. Selain mempertimbangkan risiko ombak besar, jumlah ikan hasil tangkapan di laut sudah jauh berkurang.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Padahal, saat ini nelayan sudah harus menyiapkan bekal untuk menyambut Lebaran pada Agustus mendatang. Lebih parah lagi, usaha ternak lele mereka terpuruk akibat intrusi (pencemaran air tanah oleh air laut) beberapa waktu lalu.

Agar dapur terus mengepul dan uang persiapan Lebaran terkumpul, mencari ikan dengan jaring eret menjadi solusi para nelayan di wilayah Desa Srigading, Sanden itu.

“Beruntungnya, hasil tangkapan dari jaring eret masih cukup memuaskan,” kata Tri Jarwanto, salah satu nelayan, Jumat (27/7).

Tri menuturkan, sejak Senin (23/7) lalu, rata-rata enam ikan berukuran besar dapat diperoleh dalam satu kali tebar jaring dari tepi pantai. Ikan jenis langon dan samanganti mendominasi tangkapannya. Berat satu ikan itu bisa mencapai lima kilogram bahkan lebih.

Harga ikan itu biasanya dipatok Rp12.000 per satu kilogram. Namun, jika persediaan ikan menipis sementara permintaan terus berdatangan, harga per kilogramnya bisa naik hingga Rp20.000.

Menurut Tri, musim ikan biasanya sepanjang bulan September hingga Juli. Sedangkan di bulan Juni hingga Agustus, ikan langon dan samanganti biasanya menepi ke perairan pantai secara bergerombol. “Ikan itu menepi karena suhu di tengah laut mulai dingin,” jelasnya.

Nelayan Pantai Samas yang lain, Mugari mengatakan belakangan ini jumlah penjaring eret di Pantai Samas terus bertambah. Bukan hanya di Pantai Samas saja, tetapi melebar sampai ke Pantai Goa Cemara, Sanden. “Kabar gemilangnya hasil tangkapan jaring eret menyebar cepat,” ungkapnya.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya