SOLOPOS.COM - Sri Hari Wulaningsih, 52, warga Wonosobo menunjukan hoaks pengobatan Ida Dayak di Alun-alun Kidul, Senin (15/5/2023). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Solopos.com, JOGJA — Mendapatkan informasi ada pengobatan tradisional Ida Dayak, puluhan warga dari berbagai daerah mendatangi Alun-alun Kidul, Kota Jogja, Senin (15/5/2023). Namun sayang informasi pengobatan itu ternyata bohong alias hoaks.

Salah satu warga yang datang ke Alun-alun Kidul adalah Sri Hari Wulaningsih, 52, warga Wonosobo, Jawa Tengah. Dia bercerita dapat informasi mengenai pengobatan Ida Dayak di Alun-alun Kidul dari media sosial, Facebook dan WhatsApp.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Mendapat informasi itu, dia pun langsung membuat rencana ke Jogja untuk menemui Ida Dayak. Sri berangkat dari Wonosobo sejak Minggu (14/5/2023) malam.

Ia bersama rombongannya telah menunggu di Alun-alun Kidul sejak Senin pagi.

“Saya dapat info dari media sosial, ada di Facebook terus ke Whatsapp. Infonya pengobatan Ibu Ida Dayak di Alkid. Tahu info itu dari sebelum puasa, sudah ada tanggalnya di pamflet yang tersebar di media sosial. Katanya pengobatannya 15-22 Mei,” katanya, Senin siang.

Sri ingin mengobati adik suaminya yang lumpuh sejak belasan tahun lalu. Selama belasan tahun mengalami kelumpuhan, iparnya itu sudah dibawa ke berbagai pengobatan dan rumah sakit. Namun, pengobatan itu tidak membuahkan hasil.

“Sudah kami bawa ke rumah sakit, dokter, pengobatan alternatif, tidak sembuh-sembuh sehingga saya berharap sama Ibu Ida Dayak ini,” ujarnya.

“Kalau enggak bisa diobati beliau, duh saya bingung sudah jauh-jauh dari Wonosobo ada lima orang naik mobil ini. Berharap sekali bisa diobati karena dokter dan rumah sakit udah enggak bisa nyembuhin,” jelasnya.

Sri tak sendirian, Suprapto, 48, warga Pekalongan juga akan menunggu Ida Dayak hingga Senin malam ini.

“Ini baru sampai Alkid, saya kira udah rame sampe antri ternyata belum ada Ida Dayaknya. Bingung juga ini udah bawa anak saya juga yang sakit lumpuh, nanti saya tunggu sampai malam paling,” katanya, Senin siang.

Suprapto mendapat info pengobatan Ida Dayak di Alun-alun Kidul pada Senin ini dari Youtube.

“Dikasih lihat Youtube sama teman katanya sekarang ini pengobatannya. Ternyata belum ada, saya jadi bingung ini,” ujarnya.

Kapolsek Kraton Kompol Theresia DA mengatakan kabar pengobatan Ida Dayak di Alun-Alun Kidul Jogja adalah tidak benar atau hoaks.

“Terkait dengan pengobatan Ibu Ida Dayak di Alun-alun Selatan, kami pastikan berita itu adalah berita bohong atau atauhoaks. Tidak ada pengobatan dari Ibu Ida Dayak dari tanggal 15 sampai 22 [Mei 2023] di Alun-alun Selatan,” kata Kapolsek Kraton, Senin (15/5/2023).

“Jadi kami mohon kepada bapak ibu, untuk bersedia kembali ke kediamannya masing-masing. supaya tempat ini bisa digunakan untuk keperluan lain. Terima kasih banyak dan mohon maaf. Selamat pagi.”

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Cerita Puluhan Warga Termakan Hoaks Pengobatan Ida Dayak di Alun-alun Kidul Jogja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya