SOLOPOS.COM - Satpam di Gunungkidul tengah melakukan aksi donor darah menyambut hari jadi satpam yang ke-33 di Markas PMI Gunungkidul, rabu (11/12/2013). (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah).

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Menjelang hari jadi Satuan Pengamanan (Satpam) yang ke-33, sekitar 15 satpam menyumbangkan darahnya di Markas Palang Merah Indonesia (PMI), Rabu (11/12/2013).

Koordinator kegiatan Kanit Binkamsa Satbimas Polres Gunungkidul Aiptu Agus Muwahidin menuturkan, aksi donor darah merupakan rangkaian kegiatan menyambut Hari Satpam yang jatuh pada 30 Desember mendatang. Kegiatan lain akan dilaksanakan pada 17 Desember berupa lomba perundang-undangan di Mapolres.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kegiatan akan berlanjut pada 21 Desember berupa bakti sosial dan pucaknya pada 30 Desember berupa upacara dan peragaan kemampuan. “Hari ini [kemarin] hanya 15 yang kami udang karena lainnya sudah ikut donor darah di perusahaannya masing-masing seperti BPD dan BRI. Tadi ada yang tidak bisa jadi pendonor dua orang karena hemoglobinnya kurang,” papar dia kepada harianjogja.com di Markas PMI Gunungkidul, Rabu (11/12/2013).

Agus menambahkan ada 397 satpam yang tercatat  di Gunungkidul, 267 di antaranya sudah memiliki kualifikasi satpam. Sementara itu 100 lainnya masih belum memiliki kemampuan gada pratama. “Umumnya mereka yang belum memiliki kemampuan gada pratama yang menjaga peternakan ayam. Biasanya karena sudah kenal. Tapi semua juga kami data,” papar dia.

Agus menuturkan, kebutuhan akan keamanan tergantung dari perusahaan masing-masing. Kesejahteraan satpam pun tergantung dari perusahaan tempat mereka bekerja.

“Seorang satpam harus memiliki bekal bela diri, peraturan perundang-undangan, baris-berbaris, pengaturan lalu lintas, borgol, tongkat dan senjata tajam belati. Standarnya dalam satu waktu ada dua orang satpam yang berjaga,” imbuh dia.

Salah satu satpam di Gunungkidul Yuli Yanto berharap nasib satpam bisa semakin makmur. Ia juga berharap perhatian perusahaan bisa lebih baik kepada satpam dengan memberikan fasilitas yang mumpuni. “Memang ada seragam dari perusahaan tapi kadang teman-teman juga sampai mengadakan sendiri,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya