SOLOPOS.COM - ilustrasi (standardkink.blogspot.com)

ilustrasi (standardkink.blogspot.com)

JOGJA—Mulai H-10 Lebaran, manajemen Pasar Beringharjo bakal menyebar intel di tengah keramaian pasar guna mencegah tindak kriminal.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Kabid Pemeliharaan Sarana Prasarana Keamanan dan Kebersihan Dinas Pengelolaan Pasar Kota Jogja, Sunarto  mengatakan, menjelang Lebaran petugas keamanan di Pasar Beringharjo akan ditambah  setengah dari jumlah petugas sekarang. Saat ini jumlah petugas keamanan di Beringharjo sekitar 40-45 personel.

Petugas tambahan ini direkrut dari pasar-pasar kecil di Jogja yang tak seramai Beringharjo. “Seperti pasar Legi atau di Gedong Kuning pasarnya lebih kecil, tutupnya juga awal. Petugasnya bisa dirotasi sementara,” terang Sunarto belum lama ini.

Sebagian dari mereka akan menggunakan pakaian biasa dan disebar ke sejumlah titik strategis yang paling dipadati pengunjung. Sebagian lagi tetap menggunakan pakaian seragam petugas keamanan.

“Istilahnya seperti intel, sebagian pakai pakaian biasa jadi nggak tahu kalau itu petugas keamanan,” ujarnya.

Pasar tradisonal Beringharjo memang menjadi salah satu fokus pengamanan karena tiap harinya ribuan orang berkunjung ke tempat ini dan bakal melonjak jelang Lebaran. Di momen-momen seperti inilah sangat rawan terjadi aksi kriminal seperti pencopetan, penjambretan maupun pencurian motor.

Ia mengklaim, petugas yang biasa berjaga di Pasar Beringharjo ini sebagian sudah paham, ciri-ciri para pencopet yang kerap beraksi. Bila nanti tertangkap segera digelandang ke kantor polisi.

“Nanti fokus pengamanan di tempat paling ramai seperti penjualan batik dan juga pasar sayur bisanya juga ramai kalau sudah mendekati Lebaran,” lanjut Sunarto.

Selain menambah petugas, patroli pengamanan juga ditingkatkan. Biasanya digelar patroli dua jam sekali. Berbeda dengan hari biasa. Dimana patroli dilaksanakan tergantung situasi pasar apakah padat atau tidak.

Tak hanya itu, imbauan kepada pengunjung untuk selalu waspada juga diintensifkan lewat pengeras suara. Pengunjung Pasar Beringharjo sebaiknya waspada saat berbelanja jelang Lebaran ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya