SOLOPOS.COM - Kali Code Jogja (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, JOGJA– Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Jogja memastikan seluruh peralatan “early warning system” (EWS) yang terpasang di tujuh lokasi di tiga sungai besar yang melintasi wilayah tersebut berfungsi dengan baik.

“Seluruh peralatan EWS berfungsi dengan baik. Semuanya kini menggunakan tenaga matahari sehingga sudah semakin efisien,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja Agus Winarto, Minggu (26/10/2014).

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Menurut dia, selain terpasang di Sungai Code yang berpotensi mengalami banjir lahar dingin saat musim hujan, EWS tersebut juga terpasang di Sungai Gajah Wong dan Winongo yang juga memiliki potensi mengalami luapan saat musim hujan.

“Beberapa waktu lalu, kami sudah menambah dua EWS di Sungai Gajah Wong, tepatnya di Kampung Warungboto dan satu EWS di Winongo,” katanya. BPBD memiliki tujuh EWS.

“Empat sungai yang melintas di wilayah Kota Jogja, yaitu Code, Gajah Wong, Winongo dan Manunggal tetap menjadi fokus kami saat musim hujan,” katanya.

Sementara itu, Wakil Walikota Jogja Imam Priyono mengatakan akan menginstruksikan camat dan lurah yang memiliki wilayah sungai untuk menggencarkan kegiatan kerja bakti membersihkan sungai.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan musim hujan di wilayah Kota Jogja akan terjadi pada akhir Oktober.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya