SOLOPOS.COM - Latihan pengamanan oleh Polres Gunungkidul (JIBI/Harian Jogja/Ujang hasanudin)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Datasemen Gegana Brimob Polda DIY melatih anggota kepolisian dan petugas keamanan gereja di Gunungkidul, cara menanggulangi ancaman teror bom menjelang perayaan Natal, Jumat (20/12/2013).

Dalam pelatihan sekaligus simulasi antisipasi teror bom yang digelar di Mapolres Gunungkidul ini, anggota polisi maupun pengaman gereja juga diajari penggunaan alat metal detektor dan under vehicle mirror.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

“Keamanan gereja juga perlu mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan jika ada ancamam bom,” kata Kepala Polres Gunungkidul Ajun Komisaris Besar Polisi Faried Zulkarnaen.

Faried memaparkan, dalam perayaan Natal 2013 dan tahun baru 2014 ini pihaknya memfokuskan pengamanan di lima gereja besar yakni Santo Yusuf Bandung, Santo Petrus Kanisisu Baleharjo, GKJ Wonosari, GKJ Wiladeg dan Gereja Santo Petrus Kelor.

Gereja-gereja tersebut diamankan dan disterilisasi dengan metal detecktor dan under vehicle mirror yang langsuing di-back up dari Brimob Polda DIY.

Sementara gereja-gereja di lokasi lainnya pengamanan oleh anggota polsek dan petugas keamanan gereja. “Karena tidak semua gereja terkover Gegana” kata Faried.

Sterilisasi di 5 gereja akan dilakukan pada 23-24 Desember mendatang oleh Datasemen gegana Brimob Polda DIY.

Wakil Kepala Polres Gunungkidul Komisaris Polisi Irwan Setiawan mengatakan, untuk pengamanan Natal dan Tahun baru, akan menerjunkan sebanyak 210 dari kepolisian.

Pengaman juga dibantu oleh TNI, Satpol PP dan Polda DIY. Selain pengamanan gereja, pengaman juga dilakukan di lokasi-lokasi yang menjadi konsentrasi masa menyambut malam tahun baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya