SOLOPOS.COM - Warga melintasi Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di Desa Girijati, Purwodadi, Gunungkidul pekan lalu. Kawasan JJLS di pesisir pantai kini diincar investor. (Bhekti Suryani/JIBI/Harian Jogja)

JJLS menjadi proyek terbesar DIY tahun 2017

Harianjogja.com, JOGJA – Pemda DIY menempatkan pembangunan jalur jalan lintas selatan (JJLS) sebagai proyek terbesar yang menyedot APBD DIY cukup tinggi di 2017. Pembebasan lahan dijatah dengan duit Rp140 miliar.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Kepala Dinas PUP-ESDM DIY Rani Sjamsinarsi mengakui pihaknya masih menempatkan pembangunan JJLS sebagai terbesar di DIY. Meski Pemda DIY hanya kebagian membebaskan lahan namun telah menghabiskan dana miliaran rupiah. Sedangkan pembangunan fisik sepenuhnya ditanggung pemerintah pusat melalui APBN.

“Aku sih [menilai] tetep JJLS [proyek terbesar] tetapi kami hanya tanah, tetapi masih besar juga. Kalau kemarin dari pusat saja 700an [Rp700 miliar] untuk [proyek] fisik lho itu,” terangnya kepada Harianjogja.com, pekan lalu.

Rani mengatakan, pembebasan lahan turut dikebut seiring dengan pembangunan Bandara Kulonprogo. Jika bandara tersebut beroperasi pada 2019, maka sebelum itu JJLS di DIY harus siap untuk dilintasi kendaraan sebagai pendukung.

“Kita ngejar 2019 sudah selesai timur ke barat. Sehingga jadi prioritas 2019 bandara jadi, aksesnya kita harus jadi,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya