SOLOPOS.COM - Ilustrasi taman kota (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, JOGJA- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja akan menambah sembilan titik taman kota. Instansi ini meminta warga untuk ikut terlibat menjaga taman yang ada.

Kepala Bidang Keindahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jogja, Indiah Widiningsih mengatakan permasalahan taman bukan sepenuhnya menjadi tanggungjawab pihaknya, namun juga menjadi tanggungjawab warga.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Selama ini, sejumlah taman rusak diakibatkan pola perilaku masyarakat. “Untuk itu kami minta warga juga ikut terlibat menjaganya,” katanya, baru-baru ini.

Indiah mengaku sejauh ini besaran anggaran untuk pemeliharaan taman dirasa lebih dari cukup. Pada APBD 2013, pihaknya mendapatkan anggaran Rp3 miliar untuk pemeliharaan taman.

Jumlah tersebut belum sepenuhnya bisa diserap secara maksimal. “Karena keterbatasan yang ada, sehingga serapannya tidak maksimal. Pada perubahan kali ini kami diberi tambahan juga, tapi besaranya tidak banyak cuma berapa ratus juta rupiah saja,” terang dia.

Dia mengungkapkan dengan sisa anggaran yang ada, pihaknya telah merencanakan untuk memaksimalkan sejumlah ruang kosong di Kota Jogja menjadi taman. Harapannya, ruang terbuka hijau akan bertambah.

“Ada 9 titik tambahan nanti, soal dimana saja saya ngak hafal. Kami harapkan dengan upaya ini, tingkat polusi di Jogja juga akan bisa ditekan,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya