SOLOPOS.COM - Ilustrasi Jalan Tol Tran Jawa (Bisnis.com)

Solopos.com, KULONPROGO — Tol Jogja-Yogyakarta International Airport atau Bandara YIA diyakini dapat memperlancar perjalanan masyarakat dari Kota Jogja menuju bandara di Kulonprogo tersebut.

Hal itu disampaikan Kontraktor pembangunan Tol Jogja-YIA, PT Jogjasolo Marga Makmur, saat beraudiensi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo, Kamis (15/7/2022).

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Direktur Teknik PT Jogjasolo Marga Makmur, Pristi Wahyono, menyatakan keberadaan jalan tol Jogja ke YIA di Kulonprogo akan membantu konektivitas dan kelancaran lalu lintas dari dan menuju bandara.

Dia memperkirakan banyak waktu yang bakal terpangkas dengan adanya tol Jogja-YIA. “Kalau nanti sudah jadi, insyaallah dari Jogja sampai sini [Kulonprogo] mungkin hanya setengah jam sudah sampai sini,” katanya, Kamis.

Saat lalu lintas ramai, lanjutnya, jarak yang ditempuh dari Kota Jogja sampai Bandara YIA bisa lebih dari satu jam. Rencana pembangunan Tol Jogja-YIA di Kulonprogo masih dalam proses Izin Penetapan Lokasi (IPL).

Baca Juga : Asyik, YIA Segera Layani Penerbangan ke Singapura

“Mudah-mudahan Izin Penetapan Lokasi yang dikeluarkan Pak Gubernur [Gubernur DIY] itu bisa segera turun. Memang semua butuh proses,” terangnya.

Bila proses IPL rampung, imbuhnya, maka sosialiasi kepada masyarakat akan segera dilakukan. Selanjutnya, masuk ke proses appraisal atau penilaian harga lahan, pembebasan, pembayaran, dan beberapa proses lain akan digulirkan setelahnya.

“Total di Kulonprogo ini ada enam kapanewon [kecamatan]. Kalau bicara desanya itu 17 desa. Ini yang ada di Kulonprogo. Ini baru draf-nya tapi pastinya setelah ada IPL. Estimasinya ini lah kira-kira,” tutur dia.

Pristi menerangkan secara umum jalan tol yang akan dibangun sama dengan jalan tol lainnya. “Jalan tol itu ya kami bikin dengan jalan bebas hambatan. Lebar dua lajur masing-masing lajur ada dua jalur lah,” jelasnya.

Artikel ini sudah tayang di Harianjogja.com dengan judul Biasanya 1 Jam Lebih, Kontraktor Klaim Kota Jogja-YIA lewat Jalan Tol Hanya Setengah Jam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya