SOLOPOS.COM - Para penyandang disabilitas melakukan pendaftaran layanan kesehatan khusus terpadu yang diselenggarakan di kantor Kecamatan Sentolo, Sabtu (21/11/2015). (Harian Jogja-Holy Kartika N.S)

Jogja dianggap belum ramah untuk kaum difabel

Harianjogja.com, JOGJA-Jogja masih tidak ramah penyandang disabilitas karena belum ada satu pun indikator kota inklusi yang terpenuhi. Hal ini mengakibatkan penyandang disabilitas di Jogja belum terakomodasi sesuai standar.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Indikator kota inklusi yang dimaksud meliputi, akses bangunan dan infrastruktur, dukungan masyarakat, keterjangkauan penyediaan saran publik, kualitas layanan, dan partisipasi penyandang disabilitas.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Pelayanan Sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Jogja Octo Noor Arafat mengatakan belum ada satu pun daerah di Indonesia yang memenuhi indikator kota inklusi.

“Di Jogja kami mendorong ada rumusan yang dapat mengakomodasi hak-hak penyandang disabilitas,” ujarnya dalam jumpa pers di Balaikota Jogja, Rabu (2/12/2015).

Dijelaskannya, raperda penyandang disabilitas Jogja masih dalam proses pembahasan dan pada 2016 masuk sebagai salah satu dari 24 program legislasi daerah (prolegda) yang menjadi skala prioritas.

Octo menuturkan, empat kecamatan juga telah dibentuk memiliki paguyuban anak disabilitas, yakni Tegalrejo, Wirobrajan, Kotagede, dan Gondokusuman. “Kecamatan lainnya akan menyusul pada tahun depan,” ucapnya.

Ia menilai perlu pembentukan paguyuban tersebut mengingat masih banyak orangtua yang malu jika memiliki anak penyandang disabilitas.

Disebutkannya, berdasarkan data Dinas Sosial DIY terdapat 334 anak penyandang disabilitas di Jogja, sementara jumlah seluruh penyandang disabilitas di Jogja sebanyak 2.344 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya