SOLOPOS.COM - Gua Jomblang-detikTravel

 

WONOSARI–Keberadaan Jomblang Resort sebagai pengelola wisata minat khusus Gua Jomblang tidak memiliki izin tertulis dari Pemkab Gunungkidul.

Selama ini, perizinan yang diturunkan baru sebatas izin lisan dari pihak Pemkab kepada siapa saja yang ingin mengelola obyek wisata alam.

Pemilik Jomblang Resort, Cahyo Alkantana meralat penyataan Manager Operasional resortnya, Kurniawan. Kurniawan sebelumnya mengatakan bahwa sudah ada Surat Keputusan dari Bupati yang menyatakan bahwa mereka memiliki hak pengelolaan gua.

Cahyo mengatakan, sudah sejak lama mengajukan izin untuk mengelola Gua Jomblang, tetapi karena prosesnya lama, izin itu hingga kini belum turun. Namun, dia mengaku telah mendapatkan restu dari pemkab untuk menjalankan usaha pengelolaan wisata.

“Secara prinsip Pemkab sudah merestui kami untuk menjalankan usaha ini sambil menunggu izin keluar,” katanya, Selasa (5/3/2013).

Meski belum memiliki izin tertulis, Cahyo mengatakan pihaknya keberatan bila ada pengelola lain yang ingin ikut mengelola gua Jomblang.

Dia menegaskan, apa yang dilakukannya adalah upaya penyelamatan gua, bila terlalu banyak pintu, dikhawatirkan akan merusak gua.

“Selain itu wisata ini tidak seperti pindul yang seribu orang bisa masuk. Disini sehari cuma 25 orang, masa mau direbutkan,” bebernya.

Cahyo juga menjelaskan, pihaknya tidak pernah bermasalah dengan pihak luar yang ingin masuk selama mereka memiliki kemampuan dan perlengkapan sendiri. Tetapi dia menolak tegas bila ada pihak luar yang membawa tamu masuk ke gua.

“Kalau ada apa-apa, siapa yang mau tanggungjawab? Makanya kadang saya tegur kalau ada Mapala yang membawa tamu masuk,” kata Cahyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya