SOLOPOS.COM - Salma juara Indonesian Idol 2023. (Instagram @indonesianidolid)

Solopos.com, JOGJA — Salma Salsabil ‘Aliyyah menjadi pemenang dalam ajang pencarian bakat di bidang tarik suara, Indonesia Idol XII tahun 2023. Salma merupakan mahasiswi semester VI Fakultas Penyajian Musik Institut Seni Indonesia (ISI) Jogja.

Atas prestasi yang membanggakan itu, pihak ISI Jogja membebaskan semua tugas praktikum kepada Salma. Hal ini karena kemampuan bermusik Salma dinilai sudah mumpuni.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Rektor ISI Jogja, Profesor Timbul Raharjo, mengatakan Salma sudah mencapai puncaknya dengan menjadi juara pertama dalam ajang Indonesia Idol. Melalui prestasi ini, dari sisi praktik Salma sebagai mahasiswi Penyajian Musik dinilai telah menguasai vokal yang mumpuni.

“Memang sudah ada di puncaknya, artinya secara praktik, teori pempraktikan sudah cukup, artinya bahwa dia telah menguasai vokal dan musik cukup memadai,” kata Timbul lewat pesan suara, Selasa (23/5/2023).

Timbul mengatakan karena kemampuan tersebut, pihak kampus akan memberikan konversi dan ekuivalensi kepada Salma. Sehingga untuk semua mata kuliah praktik dibebaskan. Hal ini sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemendikbud.

“Sehingga kami dalam program MKBM memberikan ekuivalensi kepada Salma untuk mata kuliah praktik itu semua bisa lolos,” katanya.

Dengan demikian, lanjut dia, ketika nanti Salma Idol kembali ke ISI Jogja untuk kuliah, maka tinggal menyelesaikan tugas akhir dan kemudian lulus atau wisuda. Timbul menyarankan Salma bisa menuliskan tugas akhir tentang praktik selama menjalani kompetisi Indonesian Idol.

“Jadi nanti kalau Salma pulang ke Jogja, ke ISI lagi tinggal tugas akhir kemudian lulus [wisuda]. Nah tugas akhirnya bisa saja menulis tentang praktik dia melakoni Idol itu juga bisa. Karena Salma sudah membawa ISI Jogja sebagai kampus yang institusi seni semakin baik berkibar,” kata Timbul.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Salma Idol Mahasiswa ISI Jogja Dibebaskan dari Kuliah Praktikum, Bisa Langsung Tugas Akhir dan Wisuda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya