SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jumenengan Paku Alam X digelar hari ini, Pura Pakualaman mulai ramai

Harianjogja.com, JOGJA- Sejumlah tamu mulai berdatangan di Pura Pakualaman Kamis (7/1/2015). Pengamanan ketat diberlakukan menyusul kabar kedatangan beberapa Menteri dan duta besar.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Berdasarkan pantauan Harian Jogja, dua gerbang metal detektor disiapkan di regol Pura Pakualaman. Sejumlah anggota Polisi, TNI dan Organisasi Kemasyarakatan disiagakan untuk menjaga keamanan.

Para tamu yang datang pun wajib mengikuti prosedur pengecekan sebelun menunjukkan kartu undangan yang sudah dilengkapi dengan barcode untuk identifikasi.

Hingga saat ini belum tampak tamu kenegaraan yang direncanakan datang. Rencananya sebanyak enam menteri akan hadir di Jumeneng Dalem KGPAA Paku Alam X hari ini.

Keenam menteri itu adalah Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri AgamaLukman Hakim Saifuddin, Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan serta Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. Selain itu Megawati Soekarno Putri juga akan hadir dalam kesempatan ini.

Sementara beberapa duta besar dari beberapa negara Eropa yang pernah bekerjasama dengan Pura Pakualaman juga dijadwalkan hadir.

Prosesi Jumenengan sebenarnya sudah dimulai sejak pukul 05.00 dengan diawali prosesi mengenakan busana Keprabon dan prosesi internal lainnya. Sang calon adipati baru akan muncul di Bangsal Sewatama yang menjadi pusat pelaksanaan sekitar pukul 09.30 untuk menerima penyelipan bros dan pusaka keris Kyai Bontit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya