SOLOPOS.COM - Kraton Pakualaman (kerajaannusantara.com)

Jumenengan Paku Alam X masih dalam persiapan, terutama menentukan undangan

Harianjogja.com, JOGJA — Dua minggu jelang dinobatkannya Kanjeng Bendoro Pangeran Haryo (KBPH) Suryodilogo sebagai Paku Alam X, panitia Jumenengan masih belum menyelesaikan seluruh persiapan. Tamu yang akan diundang pun masih dalam proses seleksi.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Penghageng Urusan Pambudaya Puro Pakualaman, Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Kusumo Parasto saat ditemui seusai rapat dengar pendapat Raperdais Kebudayaan di DPRD DIY Rabu (23/12/2015) mengatakan sampai saat ini surat undangan untuk kegiatan penobatan masih dalam proses.

Dia mengakui urusan undangan ini lebih rumit dari yang diperkirakan. Pasalnya mereka harus menyeleksi banyak tokoh yang akan diundang karena keterbatasan lokasi penyelenggaraan upacara penobatan.

“Masih nyeleksi siapa yang mau diundang, harus dipikirkan biar tidak ada yang meri [iri],” ujar dia.

Sejauh ini, pihak panitia sudah memasukkan beberapa raja yang ada di Jawa ke dalam daftar undangan, sisanya mereka masih mempertimbangkan lagi. Kusumo juga belum memiliki daftar siapa saja tokoh yang dipastikan akan hadir dalam prosesi yang digelar 7 Januari mendatang.

Meski begitu, Kusumo mengatakan pihaknya berharap seluruh kerabat Kadipaten Pakualaman bisa ikut diundang dalam upacara penobatan itu, termasuk beberapa pihak yang masih belum menyetujui penobatan Paku Alam IX.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya