SOLOPOS.COM - Acara The 6th International Day bertajuk “Celebrating Our Similarities, Embracing Our Differences” di Auditorium Kampus 1 UAD, Selasa (5/1/2016). (Joko Nugroho/JIBI/Harian Jogja)

Jumlah mahasiswa asing di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) terus bertambah

Harianjogja.com, JOGJA – Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar The 6th International Day bertajuk “Celebrating Our Similarities, Embracing Our Differences” di Auditorium Kampus 1 UAD, Selasa (5/1/2016). Kegiatan ini diikuti sejumlah mahasiswa asing yang sedang menempuh pendidikan di UAD.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Kepala KUI UAD, Ida Puspita mengatakan kegiatan ini diadakan setiap tahunnya dengan peserta yang terus bertambah setiap tahunnya. Sebab mahasiswa asing yang menempuh pendidikan di kampus tersebut juga selalu meningkat dari tahun ke tahun.

“Tahun ini kami mendapatkan 177 mahasiswa asing. Tidak hanya bertambah jumlah mahasiswanya namun juga negara yang mengirimkan mahasiswanya ke sini juga bertambah,” kata Ida di sela-sela acara.

Ida menambahkan dalam acara kali ini diikuti mahasiswa dari China, Thailand, Malaysia, Korea Selatan, Timor Leste, Yaman, Nepal hingga Ukraina. Masing-masing mahasiswa dari menampilkan cirikhas makanan dan seni negaranya.

“Semua menu makanan mereka hidangkan dalam acara ini. Pengunjung bisa mencicipi makanan yang disajikan. Salah satu yang banyak diserbu adalan stand Korea Selatan. Makanannya habis dalam satu jam,” kata Ida.

Ida menambahkan acara ini sebanarnya dijadikan tempat untuk saling menukar informasi dan diskusi tentang budaya, seni dan makanan. Harapannya mahasiswa asing yang sedang menempuh studi di sini tidak merasa sendirian.

“Mendapatkan teman baru di negara baru itu bisa menjadikan mereka betah dan fokus dalam belajar. Bahkan untuk menghias stand masing-masing negara komunikasi itu berjalan dengan lebih santai,” kata Ida.

Tahun ini pihak panitia tidak hanya mengundang mahasiswa UAD saja tapi juga mahasiswa dari universitas lain yang memiliki mahasiswa asing. Harapannya sesama mahasiswa asing bisa menjalin komunikasi.

Mahasiswa UAD asal Thailand, Faridah Kamah mengaku gembira dengan gelara acara ini. Dia bisa menampilkan kesenian Thailand dan menjelaskan banyak hal tentang Thailand bagi mahasiswa lain.

“Kami di sini juga menjadi agen promosi Negara Thailand jadi saat ada acara semacam ini sangat senang. Saya bisa memperkenalkan negara saya pada pengunjung yang datang meskipun pertanyaannya hanya seputar wisata,” kata Faridah.

Mahasiswa lain asal China, Ni Zui Zhen Gui mengatakan bisa ikut ambil bagian dalam acara The 6th International Day. Baginya, salah satu yang menarik adalah banyaknya mahasiswa asal Indonesia yang bisa berbahasa Mandarin.

“Saya sendiri belajar bahasa Indonesia masih kesusahan, namun di sini banyak orang yang bisa berbicara bahasa Mandarin. Awal di Jogja tidak kesulitan sama sekali untuk berkomunikasi, karena mahasiswa di sini banyak yang bisa bahasa Mandarin,” jelas Ni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya