SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Bertepatan dengan Hari Kartini, 21 April, PT Kereta Api indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) VI Jogja akan meluncurkan kereta api Malioboro Ekspres (Molek). Kereta api ini melayani perjalanan Jogja-Malang.

Kepala Humas PT KAI Daops VI Jogja, Eko Budiyanto mengatakan, nama Malioboro Ekspres dipilih karena berkaitan dengan kekhasan Jogja sebagai kawasan wisata bisnis Jalan Malioboro. “Sementara, kami menyebutnya Molek,” katanya, Rabu (28/3).

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Menurut Eko, selama ini belum ada rute khusus kereta dari Jogja ke Malang atau sebaliknya. Kereta tujuan kedua kota yang ada sifatnya masih sebatas transit saja. “Malabar (Bandung-Malang) dan Gajayana (Jakarta-Malang) hanya transit dan meneruskan perjalanan hingga tujuan akhir di Malang, Jawa Timur,” ujarnya.

Malioboro Ekspres, menurut Eko, merupakan kereta jenis eksekutif dan kelas ekonomi AC yang masing-masing terdiri tiga rangkaian gerbong. Tarif tiket eksekutif antara Rp175.000 hingga Rp300.000 sekali perjalanan. “Tarif kelas ekonomi AC antara Rp110.000 hingga Rp200.000 sekali perjalanan,” lanjut Eko.

Mengenai jadwal keberangkatan, staff humas Daops VI, Indri menambahkan, kereta dari Jogja pukul 21.00 WIB dan tiba di Malang sekitar pukul 04.00 WIB. Sementara dari Malang diberangkatkan pukul 08.30 WIB dan diperkirakan tiba di Jogja pukul 16.19 WIB. “Waktu tempuh cukup lama yakni tujuh jam,” ujarnya.

Malioboro Ekspres mampu mengangkut 390 penumpang terdiri dari 150 penumpang kelas eksekutif dan 240 penumpang kelas ekonomi AC. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya