SOLOPOS.COM - Tangkapan layar kabar duka meninggalnya pemilik Jadah Tempe Mbah Carik, Sudimah Wiro Sartono. (Instagram @jadahtempe.mbahcarik)

Solopos.com, SLEMAN — Kabar duka datang dari bumi Sleman Sembada. Sang legenda Jadah Tempe Mbah Carik, Sudimah Wiro Sartono, meninggal dunia. Mbah Sudimah meninggal dunia pada usia 92 tahun, Selasa (11/1/2022) pukul 18.00 WIB.

Kabar duka itu disampaikan seorang cucu sang legenda Jadah Tempe Mbah Carik, Angga Kusuma Arybowo, kepada Harian Jogja, jaringan Solopos Media Group. Menurut Angga, almarhumah meninggal dunia di kediamannya di wilayah Kaliurang Selatan RT 004 RW 013 Hargobinangun, Pakem.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

“Innalilllahi wainna ilaihi rooji’un, telah meninggal dunia dengan tenang sang legenda Jadah Tempe Mbah Carik, mbah Sudimah Wiro Sartono,” katanya.

Baca juga: Sleman Menuju Destinasi Wisata Kuliner dan Belanja

Menurut Angga, jenazah almarhumah akan dimakamkan pada Rabu (12/1/2021) pukul 11.00 WIB di TPU Mayang Sekar Kaliurang Timur. “Semoga amal ibadah diterima Allah SWT keluarga diberikan kesabaran dan ketabahan.. Aamiin,” ujar Angga.

Sejarah kuliner Jadah Tempe Mbah Carik sudah melegenda. Penganan khas tradisional ini merupakan usaha keluarga yang berdiri sejak 1950-an. Pendirinya adalah Sastro Dinomo, salah seorang carik di Kaliurang. Konon, gelar Mbah Carik diberikan sendiri oleh Sultan Hamengku Buwono IX.

Usaha Jadah Tempe Mbah Carik ini terus berkembang hingga diteruskan oleh mbah Sudimah Wiro Sartono yang juga bergelar Mbah Carik. Angga sendiri merupakan generasi keempat dari keluarga Mbah Carik yang melestarikan usaha Jadah Tempe Mbah Carik di Jalan Palagan.

Baca juga: Wow, Penjual Jadah Tempe Memasak hingga 10 Kali dalam Sehari

“Kuliner (jadah tempe) ini harus terus dilestarikan (meski masa pandemi). Itu misi saya, saya menyasar kalangan milenial yang melek teknologi. Tapi, kalau mau yang heritage (pelanggan) bisa ke outlet kami yang di Kaliurang,” kata Angga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya