SOLOPOS.COM - Doto Yogantoro. (Istimewa-Harianjogja.com)

Solopos.com, SLEMANKabar duka datang dari dunia pariwisata di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Salah satu tokoh penggerak desa wisata yang juga arsitek Desa Wisata Pentingsari, Umbulharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, Doto Yogantoro, meninggal dunia pada Rabu (2/3/2022).

Doto meninggal dunia akibat sakit yang dideritanya sejak beberapa pekan terakhir. Kabar duka meninggalnya sosok mentor desa wisata di Sleman ini dibenarkan Kepala Pelaksana BPBP Kabupaten Sleman, Makwan. Almarhum meninggal di RSUP Sardjito dan dimakamkan dengan protokol pemakaman jenazah Covid-19 pada Rabu siang di Pentingsari. “Iya, benar [meninggal] di RSUP Sardjito,” katanya saat dihubungi Harianjogja.com, jaringan Solopos Media Group.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Suparmono, mengatakan almarhum meninggal dunia sekitar pukul 04.00 WIB. Jenazahnya dimakamkan sekitar pukul 14.00 WIB di pemakaman umum Pentingsari. Dijelaskan Pram sapaan akrab pria ini, almarhum meninggal akibat penyakit leukimia stadium 4 yang dideritanya.

Baca juga: Kabar Duka, Miyono Pakde Presiden Jokowi Meninggal Dunia

“Memang dimakamkan sesuai dengan protokol jenazah pemakaman Covid-19, SOP pasien yang meninggal di rumah sakit seperti itu jadi bukan karena Covid-19. Tapi karena menderita leukimia, tadi sempat disalatkan di atas ambulans sebelum dikebumikan,” ujar Pram.

Sejak pertengahan Januari lalu, katanya, almarhum sempat bolak balik dari rumah ke rumah sakit untuk melakukan kemoterapi. “Ya tadi saya ikut melayat ke rumah duka. Jadi meninggal karena penyakitnya itu. Kami sangat kehilangan sosok beliau yang merupakan sosok pegiat tumbuhnya desa wisata di Sleman khususnya bahkan di Indonesia,” kata Pram.

Kiprah Doto di dunia pariwisata, lanjut Pram tidak diragukan lagi. Doto tidak hanya mampu mengangkat Desa Wisata Pentingsari ke tingkat Internasional dan dikenal luas oleh masyarakat berbagai belahan dunia tetapi juga ikut membantu desa-desa wisata di daerah lainnya untuk tumbuh dan berkembang.

Baca juga: Pemkab Sleman Fokus Kembangkan Desa Wisata, Begini Strateginya

Doto juga mendirikan Desa Wisata Institute untuk menumbuhkembangkan desa-desa wisata diberbagai daerah. “Semoga generasi penerus di Desa Wisata Pentingsari tetap semangat mengikuti kiprah beliau dan tetap mempertahankan Desa Wisata Pentingsari berkelas dunia,” harap Pram

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya