SOLOPOS.COM - Ilustrasi Gunung Merapi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, SLEMAN-Berbagai tempat wisata di Sleman dibanjiri pengunjung pada musim liburan tahun baru. Di objek wisata Kaliurang, jumlah pengunjung meningkat hingga tiga kali lipat dibanding liburan Natal 2013.

Berdasarkan data retribusi di pintu masuk Kaliurang, dalam satu hari pada 1 Januari 2014, pendapatan yang diperoleh mencapai Rp30,8 juta. Hingga Rabu (1/1/2014) sore, tercatat Kaliurang telah dikunjungi 8.866 orang dengan rincian wisatawan bermotor mencapai 2.234 motor, 982 mobil, dan 17 bus.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Angka tersebut jauh lebih besar dibanding pada libur Natal yang hanya ada 3.724 wisatawan dengan rincian kendaraan bermotor sejumlah 452 motor, 601 mobil, dan 19 bus.

“Natal kemarin pendapatannya sekitar Rp9 juta,” kata Suraji, petugas retribusi pintu masuk Kaliurang, Rabu (1/1/2014) sore.

Suraji juga menjelaskan, pada hari libur biasa, uang retribusi yang bisa dikumpulkan hanya sekitar Rp1 juta dari sekitar 700 orang yang datang.

Suraji menegaskan tidak ada kenaikan harga selama musim liburan tahun baru. Dirinya memperkirakan mulai 2 Januari 2014, jumlah pengunjung Kaliurang sudah berangsur menurun.

“Tinggal [wisatawan] lokal saja, misal dari Klaten dan Magelang,” ujar Suraji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya