SOLOPOS.COM - Kambing (modernfarmer.com)

Kambing mati misterius terjadi di Gunungkidul

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Sejumlah ternak kambing di Desa Giripurwo, Purwosari, Gunungkidul mati misterius. Lebih dari 100 ternak tahun ini mengalami serangan, yang diduga dilakukan oleh anjing liar.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Kematian ternak secara misterius itu baru diketahui Minggu (16/10/2016) pagi saat sejumlah peternak di Desa Giripurwo hendak memberi pakan ternak. “Ternyata, ternak-ternak di kandang sudah luka-luka dan ada yang tewas,” ungkap Kepala Desa Giripurwo Supriyadi, Minggu.

Di tiga kandang milik tiga warga di Giripurwo, terdapat delapan ekor kambing yang mengalami serangan. Dua diantaranya mati, dan enam lainnya selamat. Ternak yang diserang mengalami luka memprihatinkan. Seperti kulitnya hilang, dicakar dan digigit di leher, kepala serta diambil organ tubuhnya. “Untuk dua ternak yang tewas bahkan darahnya dihisap,” ujar dia.

Kandang ternak itu berjarak sekitar satu kilometer dari rumah pemiliknya. Alhasil tidak terdengar suara saat penyerangan terjadi. Serangan ternak diduga terjadi pada Sabtu (15/10/2016) malam.

Warga menduga serangan tersebut dilakukan oleh anjing liar. Masyarakat Purwosari kata dia memiliki tradisi melepas anjing liar ke hutan untuk menjaga tanaman mereka dari serangan kera ekor panjang.

Anjing-anjing liar yaang lapar diduga menyerang ternak kambing. Namun di sisi lain menurutnya, ada keanehan seperti darah yang terhisap. Sampai sekarang penyebab pasti kematian ternak tersebut masih misterius. Apakah benar dilakukan oleh anjing atau tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya