SOLOPOS.COM - Begini suasana ujian tulis UMBPT UNS 2014. (Septian Ade Mahendra/JIBI/Solopos)

Kampus Jogja UGM menggelar Utul

Harianjogja.com, SLEMAN — Sebanyak 3.074 calon mahasiswa baru diterima di Universitas Gadjah Mada (UGM) melalui jalur Ujian Tulis untuk Program Sarjana dan Diploma Gelombang 1. Pengumuman calon mahasiswa baru yang diterima melalui jalur ini sudah dapat diakses pada Jumat, 1 Juli 2016 mulai pukul 20.00 WIB.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM, Prof. Iwan Dwiprahasto mengatakan sebanyak 3.074 calon mahasiswa baru yang diterima melalui jalur Ujian Tulis kali ini terdiri atas 751orang calon mahasiswa untuk bidang Soshum dan 1.667 orang calon mahasiswa bidang Saintek. Calon mahasiswa yang diterima pada Program Sarjana sejumlah 2.418 orang dan pada Program Diploma sejumlah 656 orang.

“Ujian Tulis ini digelar agar masyarakat bisa mendapat akses yang lebih besar untuk memperoleh pendidikan tinggi yang berkualitas,” kata Iwan, Jumat (1/7/2016).

Iwan menambahkan dari jumlah tersebut 1.532 diantaranya berjenis kelamin laki-laki dan 1.542 perempuan. Sementara itu, jumlah peserta yang mengikuti ujian tulis ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Jika tahun lalu jumlah peserta Ujian Tulis mencapai 28.603 orang peserta, maka kali ini meningkat hingga 32.606.

“Antusiasme calon mahasiswa untuk masuk ke UGM dari tahun ke tahun terus meningkat,” katanya.

Untuk program Sarjana Bidang Soshum prodi yang terbanyak peminatnya adalah Ilmu Hukum, Manajemen, Psikologi, Ilmu Komunikasi, sertaManajemen dan Kebijakan Publik. Sementara untuk bidang Saintek, yaitu program studi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Teknik Sipil, Perencanaan Kota dan Wilayah, serta Teknik Industri. Untuk program diploma paling banyak peminatnya untuk bidang saintek adalah program studi  Rekam Medis, Agroindustri, Teknik Mesin, Teknik Sipil, serta Ilmu Komputer dan Sistem Informasi. Sedangkan untuk bidang soshum Manajemen, Kearsipan, Pariwisata, Ekonomi Terapan, serta Bahasa Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya