SOLOPOS.COM - Drum Corps Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (DC UMY) (JIBI/Harian Jogja/dok. UMY)

Kampus Jogja UMY menorehkan prestasi di ajang tingkat nasional.

Harianjogja.com, BANTUL-Drum Corps Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (DC UMY) juara kedua divisi utama dan peringkat teratas untuk kategori Perguruan Tinggi dalam Grand Prix Marching Band (GPMB) 2015.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

DC UMY dalam kesempatan tersebut mengirimkan 105 personel untuk berkompetisi pada 26-27 Desember 2015 di Gedung Istora Senayan Jakarta. Selain kedua penghargaan tersebut, DC UMY juga meraih best field commander, peringkat dua kategori general effect dan peringkat pertama color guard.

Ketua UKM DC UMY, Budi Setiawan mengatakan di kompetisi GPMB tahun 2015 ini DC UMY mengangkat tema Sultan Al-Fatih (1453) The Conqueror of Constantinople.

“Tema ini bercerita tentang keangkuhan dan kebesaran Kerajaan Konstantinopel yang dipimpin Kaisar Byzantium,” jelasnya seperti dikutip dari rilis yang Harianjogja.com, terima Sabtu (2/1/2016).

Alur selanjutnya, kata dia, menceritakan tentang kemunculan Sultan Muhammad II (Sultan Al Fatih), dan proses penyerahan Kerajaan Konstantinopel kepada pasukan Islam di bawah pimpinan Sultan Al Fatih. Dengan berbagai strategi perang, misalnya penyeberangan kapal melalui selat Golden Horn, serta perobohan tembok Kota Konstantinopel menggunakan menggunakan meriam basilica.

Kemudian, dijelaskan juga kemenangan Sultan Al Fatih dalam penaklukan Ibukota Konstantinopel. Dalam tahapan ini, ditunjukkan Islam sebagai agama yang tidak hanya identik dengan kekerasan, melainkan juga sebagai agama yang Rahmatan Lil Alamin.

Prestasi yang ditorehkan DC UMY bukanlah kali pertama. DC UMY pernah meraih peringkat kelima pada kompetisi GPMB tahun 2013, peringkat ketiga drum battle International Jember Open Marching Competition tahun 2014, dan pembuka acara pada Muktamar Muhammadiyah ke 47 di Makassar lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya