SOLOPOS.COM - UIN Sunan Kalijaga Jogja

Kampus Jogja UIN Sunan Kalijaga terus memperbaiki kualitas pendidikan.

Harianjogja.com, SLEMAN- Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga (Suka) Yogyakarta meraih Akreditasi  A yang ditetapkan oleh BAN-PT. Akreditasi “A”. Adapun program studi (prodi) yang dimaksud Perbandingan Madzhab dan Prodi Siyasah (Hukum Tata Negara)  melalui penetapan SK. BAN-PT Nomor 1122/SK/BAN-PT/ Akred/F/X/ 2015, tanggal 21 Oktober 2015, Muamalat (Hukum Bisnis Syariah) dan Prodi Al – Ahwal Asy- Syakhsiyyah (Hukum Keluarga) melalui penetapan SK.  BAN-PT Nomor 1151/SK/BAN-PT/Akred/F/XI/2015, tanggal 14 November 2015.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Mensyukuri perolehan akreditasi ini, civitas akademika Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga melakukan tumpengan dihadiri para Wakil Rektor, para pejabat struktural dan pejabat fungsional di lingkungan UIN Sunan Kalijaga, perwakilan mahasiswa dan alumni Fakultas Syariah dan Hukum. Tasyakuran ini dilakukan juga dalam rangka launching Pascasarjana, Prodi Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah, Prodi Siyasah, Prodi Muamalat dan Prodi Perbandingan Madzhab.

Wakil Dekan II (bidang Administrasi, Perencanaan dan Keuangan) Fakultas Syariah dan Hukum, Mahrus menyampaikan perolehan Akreditasi “A”semua Prodi ini sangat membanggakan karena sebelumnya hanya satu prodi yang saja yang terakreditasi A yakni Prodi Keuangan Islam yang kini masuk di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Akreditasi tersebut, kata dia, diraih UIN Suka dengan melakukan persiapan secara matang.

“Perlu dipelajari pedoman pengisian borang akreditasi, lalu mempelajari matriks dan penilaian borang akreditasi. Sebelum borang dikirim ke BAN-PT dilakukan score  (penilaian) dulu secara internal melalui rumus-rumus yang ditetapkan oleh BAN-PT, kemudian dianalisa hingga masuk dalam kriteria perolehan Akreditasi “A”. Baru penyusunan borang akreditasi dengan melibatkan tim ahli penyusunan borang dan dibaca dulu oleh tim asesor internal,” katanya seperti rilis yang Harianjogja.com terima, Kamis (31/12/2015).

Terakhir, mempersiapkan visitasi yang matang, dengan melakukan simulasi visitasi, membentuk tim ahli dokumen, komitmen pimpinan dari Rektorat hingga Dekanat dan stakehorder untuk mendapingi tim visitasi, menghadirkan mahasiswa, alumni, para dosen semua prodi agar melengkapi presentasi visitasi.

“Kalau borang akreditasi Bagus, menurut hitungan rumus-rumus dari BAN-PT sudah masuk dalam penilaian Akreditasi “A” maka sudah pasti bisa dapat Akreditasi “A”, visitasi hanyalah bersifat Re-Cek. Tapi tim visitasi harus juga dipersiapkan dengan matang supaya tidak mengecewakan tim asesor,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya