SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

SLEMAN—Kandang sapi perah komunal akan dibangun pertengahan September 2012 di hunian tetap (huntap) Karangkendal, Umbulharjo, Sleman. Sekitar 70-an ekor sapi perah akan dibagikan kepada 81 KK warga huntap tersebut.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kabid Peternakan Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kabupaten Sleman, Suwandi Azis menuturkan, pertengahan Desember 2012, kandang sapi sudah dapat digunakan warga sebagai sarana beternak.

“Nantinya warga akan memeliharan sapi perah secara berkelompok, jadi bukan perorangan,” tuturnya kepada Harian Jogja, Senin (10/9).

Ia menambahkan, selain Karangkendal terdapat beberapa lokasi lainnya yang akan digunakan untuk pembangunan kandang sapi perah komunal, antara lain, huntap Gambretan di Desa Umbulharjo, huntap Batur dan Pagerjurang yang terletak di Desa Kepuharjo, serta Gading yang berada di Desa Glagaharjo. Adapun perkiraan anggaran mencapai Rp6 miliar yang berasal dari anggaran rekonstruksi dan rehabilitasi BNPB.

Pascaerupsi Merapi 2010, imbuhnya, jumlah peternak sapi di Cangkringan menurun signifikan, yakni dari sekitar 1.500-an menjadi 800-an peternak.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya