SOLOPOS.COM - KURANGI PENGGUNAAN TAS PLASTIK (Antara/Agung Rajasa)

Kantong plastik berbayar membawa keuntungan bagi UKM lokal

Harianjogja.com, SLEMAN– Penerapan imbauan kantong plastik berbayar menjadi celah bagi unit usaha kecil menengah (UKM) produksi paper bag untuk mengambil peran.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindakop) Sleman, Pustopo menilai posistif kebijakan plastik berbayar itu. Meskipun sifatnya hanya imbauan, kebijakan itu memberikan peluang bagi UKM untuk memproduksi paper bag.

“Ini peluang besar untuk UKM pembuat kantong kertas yang lebih ramah lingkungan,” ujarnya, Jumat (4/3/2016).

Menurutnya, paper bag merupakan media pengganti kantong plastik yang disarankan. Maka itu, saat kebijakan kantong plastik berbayar diterapkan, kebutuhan terhadap paper bag diperkirakan akan naik. Pustopo berencana akan mengumpulkan pengusaha-pengusaha paper bag.

Saat ini, sambung Pustopo, ada beberapa produsen paper bag yang beroperasi di wilayah Sleman. Mereka tersebar di Kecamatan Gamping dan Condongcatur Kecamatan Depok.

“Mereka nantinya akan diberi pembinaan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi. Misalnya, memberikan inovasi pembuatan paper bag yang menarik dan memenuhi standar penggunaan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya