SOLOPOS.COM - Kapolda DIY, Brigjen Pol Oerip Subagyo (kedua kiri) berbincang dengan Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Adhitya Noviardi (kedua kanan) saat melakukan kunjungan ke kantor redaksi Harian Jogja, di Jalan AM Sangaji 41, Yogyakarta, Kamis (07/08/2014). Kunjungan silaturahmi tersebut merupakan ajang perkenalan sebagai pejabat baru Kapolda DIY kepada insan media. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, JOGJA—Kapolda DIY Brigjen Pol Oerip Subagyo beserta segenap jajajarannya mendatangi Griya Harian Jogja di Jalan AM Sangaji No. 41 Jogja, Kamis (7/8/2014) siang. Alih-alih menumpang mobil dinas, Kapolda naik mobil patroli dan pengawalan (Patwal) Dirlantas Polda DIY.

“Saya sengaja datang dengan mobil patroli, karena saya tidak ingin anggota terlalu fokus pada pengamanan saya. Saya ingin mereka fokus pada pelayanan pada masyarakat,” ujar Kapolda yang ditemui Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Adhitya Noviardi, beserta sejumlah manajer dan redaktur.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Menurut Kapolda, keputusan untuk menggunakan mobil patroli bukan kali pertama dilakukan. Selama pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2014, dirinya memilih menggunakan mobil patroli daripada mobil dinas. Alasannya, selain ingin dekat dengan anggotanya, penggunaan mobil patroli dianggap lebih efektif untuk memantau pengamanan dan arus lalu lintas.

“Ini lebih efektif. Dari evaluasi, tingkat kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan. Namun, masih ada kendala terutama masalah gangguan keamanan kecil seperti pencurian di beberapa rumah saat ditinggal penghuninya. Ini jadi bahan evaluasi kami dan harus segera dibenahi ke depan,” sambungnya.

Oerip berharap ke depan bisa bekerja sama dengan media, terutama Star Jogja untuk informasi arus lalu lintas dan pengamanan. Kapolda melihat banyaknya stasiun radio di Jogja adalah potensi yang bisa dimanfaatkan untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

“Selama ini masyarakat keluhannya pelayanan lambat. Ini [radio] bisa dimanfaatkan,” jelasnya.

Sementara Dirlantas Polda DIY, AKBP Nasri Winarto, menambahkan saat ini pihaknya tengah menggandeng Dinas Perhubungan (Dishub) setempat dengan menggunakan pemancar untuk penyampaian informasi lalu lintas kepada masyarakat. Akan tetapi, jika hal tersebut tidak bisa direalisasikan, pihaknya akan menggandeng pihak lainnya.

“Intinya informasi yang disampaikan bisa lebih cepat ditangkap oleh masyarakat,” tandasnya.

Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Adhitya Noviardi, berharap ke depan bisa menjalani kerja sama dan mengawal kepentingan publik. “Kami ingin hubungan ini bisa lebih meningkat dan informasi bisa lebih cepat diterima oleh masyarakat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya