SOLOPOS.COM - Bibit tanaman (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, BANTUL- Keprihatinan terhadap kerusakan lingkungan dan pemanasan global mendorong Perusahaan Gas Negara (PGN) bersama warga Kasongan, Bantul menanam 10.000 pohon di wilayah ini.

Penanaman pohon yang merupakan rangkaian dari Kasongan Art Festival (KAF) 2013 itu digelar Selasa (17/12/2013) di Dusun Patehan, Bangunjiwo, Kasihan Bantul (kawasan Desa Wisata Kasongan).

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

“Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PGN melalui program energi baik dengan melakukan penghijauan untuk mengurangi emisi,” terang Direktur Keuangan PGN M. Riza Pahlevi.

Sedianya kata Riza, kerjasama PGN bersama warga Kasongan sudah kali ke tiga sejak KAF pertama digelar. Namun untuk penanaman pohon baru tahun ini dilaksanakan PGN.

Pada acara Selasa, sebanyak 50 pohon ditanam langsung secara simbolis. Sisanya penanaman disebar ke enam dusun di kawasan Kasongan. Seperti Dusun Kalipucang dan Sembungan.

Bibit yang ditanam antara lain, Jati, Jinitri, Albasia, Damar, Kelengkeng, Jambu dan Rambutan. “Untuk Kasongan baru kali ini, tapi kalau untuk seluruh Indonesia sudah lebih dari satu juta,” lanjutnya.

Selain penanaman pohon, PGN selama ini mendampingi 20 Usaha Kecil Mikro (UKM) di Kasongan dalam pemasaran produk gerabah yang kini telah banyak menembus ekspor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya