SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Kasus leptospirosis di Kulonprogo diantisipasi salah satunya dengan penambahan alat deteksi dini

Harianjogja.com, KULONPROGO-Pemkab Kulonprogo mendapatkan bantuan alat deteksi cepat penyakit leptospirosis dari Kementriaan Kesehatan. Alat ini sedianya akan didistribusikan di sejumlah puskesmas yang merupakan daerah endemik penyakit akibat air kencing tikus tersebut.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kulonprogo, Baning Rahayujati menerangkan ada 20 kotak alat tersebut yang telah diterima pekan ini. “Setiap boks isinya 25-an buah,” katanya kepada Harianjogja.com, Minggu (26/3/2017).

Rencananya, akan ada 10 kotak yang diberikan ke puskemas salah satunya ke Girimulyo dan Kokap.

Daerah tersebut terbukti telah dihuni tikus vektor penyakit tersebut sehingga harus lebih diwaspadai. Sedangkan sisanya akan disimpan di Dinas Kesehatan dan dibawa ke puskemas terkait apabila ada laporan kemunculan penyakit tersebut.

Baning mengakui jika jumlah alat deteksi tersebut belum lah mencukupi. Namun hal ini dianggap sangat membantu dibandingkan tidak ada sama sekali.

Dengan semakin cepat terdeteksi maka tindakan penyembuhan bisa segera dilakukan, salah satunya dengan cuci darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya