SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/dok)

Harian Jogja.com, KULONPROGO—Tergiur mengikuti seminar nasional, seorang mahasiswi asal Wates, Ratih Fitria Raka Siwi, 18, harus merugi jutaan rupiah. Ratih ditipu oleh seseorang yang mengaku sebagai Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Informasi Harian Jogja.com menyebutkan, penipuan terjadi Sabtu (28/9/2013). Saat itu Ratih menerima SMS berisi pemberitahuan jika dia ditunjuk sebagai peserta seminar nasional tentang peningkatan karakter mahasiswa yang digelar Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti). Seminar akan digelar 3-4 Oktober 2013 di di Hotel Borobudur, Jakarta.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Pesan itu juga mencantumkan sebuah nomor telepon yang disebut sebagai nomor milik Rektor UNY, Prof. Rohmad Wahab. Selanjutnya, korban diminta menghubungi nomor itu.

“Tak lama, saya ditelepon lagi oleh orang yang mengaku bernama Sumaryanto itu. Dia menyuruh saya segera menelepon rektor,” ujar  korban, Selasa (1/10/2013).

Ratih pun terkecoh dan langsung menghubungi nomor itu. Dalam pembicaraan melalui telepon, pria yang mengaku sebagai Rektor UNY itu menyuruh korban pergi ke ATM untuk memproses pencairan dana dari Dikti.

Korban melakukan semua instruksi pelaku dan mentransfer uang ke rekening atas nama Sudirman hingga dua kali, yakni Rp1,6 juta dan Rp1,2 juta.

“Setelah itu, saya telpon dosen dan menceritakan perihal itu. Namun, dosen bilang itu adalah penipuan. Saya langsung melapor ke polisi,” ujar korban.

Kasat Reskrim Polres Kulonprogo, AKP M Kasim Akbar Bantilan menegaskan kasus tersebut murni aksi penipuan dengan mencatut petinggi UNY.

Kasim menyatakan pihaknya masih mendalami kasus itu dengan mengembangkan penyelidikan melalui jalur teknologi informasi dan memeriksa para saksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya